PM Australia Ajak Jokowi Makan Malam Bersama

Editor : Asri Muhammad

Online24, Sidney – Ada yang spesial dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo ke Australia kali ini. Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengundang Presiden secara khusus untuk makan malam bersama di kediamannya pada Jumat (16/3/2018).

Presiden bersama Ibu Iriana berangkat dari hotel sekira pukul 19.20 waktu setempat menuju kediaman pribadi PM Turnbull di Point Piper, Sydney. Keduanya langsung disambut dengan hangat oleh PM Turnbull bersama Ibu Lucy Turnbull.

Sebelum makan malam dimulai, mereka berempat pun sempat berswafoto bersama. Keempatnya tampak akrab berfoto dengan latar belakang pelabuhan Sydney dan sempat berbincang di beranda belakang kediaman PM Turnbull sebelum acara makan malam dimulai.

“Ini menunjukkan kedekatan PM Australia dengan Presiden Jokowi. Perbincangan juga dilakukan dengan hangat dan penuh persahabatan”, kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang juga diundang hadir dalam acara tersebut.

Acara makan malam pribadi di kediaman pribadi PM Turnbull kali ini adalah yg kedua kalinya dilakukan.

Presiden Jokowi tampak menggunakan setelan jas dengan dasi merah, sedangkan PM Turnbull mengenakan kemeja dengan motif semacam batik berwarna hitam bercorak abu. Sementara Ibu Iriana dan Ibu Lucy tampak kompak mengenakan atasan berwarna senada, merah muda.

Dalam makan malam tersebut Presiden Jokowi dan PM Turnbull berbincang mengenai banyak hal. Mulai dari perbincangan seputar anak dan cucu, gedung Kedutaan Australia di Jakarta, perdagangan, hingga situasi kawasan dan dunia.