PHRI Sebut Hotel dan Rumah Makan Bergairah di Sidrap, Ini Sebabnya

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Sidrap-Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sidrap, Heriyani Yuki Ruby menilai, iklim perhotelan dan restoran di Sidrap saat ini sedang bergairah.

Hal itu disampaikan saat pembukaan Musyawarah Cabang BPC PHRI Sidrap di Ballroom Al Ghony, Hotel Grand Zidny, Minggu (18/03/2018).

Menurut Heriyani Yuki, tingkat hunian hotel yang semakin bergairah, tak lepas dari kebijakan Bupati Sidrap, H Rusdi Masse yang membuat pertumbuhan ekonomi Sidrap mengalami trend peningkatan.

Sekadar diketahui, data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2015 pertumbuhan ekonomi sebesar 7,92 persen, pada tahun 2016 meningkat sebesar 9,00 persen atau sekitar 1,08 persen kenaikannya dibanding tahun sebelumnya. Sementara pada tahun 2017 juga mengalami peningkatan sebesar 9,02 persen.
Meskipun kenaikannya hanya 0,02 persen. Namun Kabupaten Sidrap masuk dalam kategori pertumbuhan ekonomi dari 17 Kabupaten dan kota berada diatas rata-rata Provinsi Sulawesi Selatan yaitu 7,08 persen.

“Terus terang, ekonomi yang tumbuh baik ini telah berdampak pada tingkat hunian hotel. Terlebih, bapak RMS banyak menggelar event yang menarik orang berkunjung ke Sidrap,” katanya.

Ia mengakui, event-event yang berlabel Nasional, terutama event otomotif telah meningkatkan kunjungan ke Sidrap, dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi, termasuk hunian hotel dan omzet restoran serta rumah makan.

“Semakin banyak kunjungan, maka perputaran ekonomi akan terjadi. Mereka nginap di Sidrap, makan di Sidrap dan tentu saja belanja di Sidrap,” tandasnya.

Sebelumnya, Bupati Sidrap, H Rusdi Masse sudah memprediksi, bahwa tingkat hunian hotel dan omzet restoran akan meningkat drastis.

“Coba aja cek dan tanya pengelola hotel dan restoran. Bagaimana tingkat hunian dan kunjungan ke rumah makan selama ini,” ujar RMS, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, event daerah yang banyak digelar telah berpengaruh terhadap bisnis hotel dan restoran, termasuk terhadap pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh.
Ia mencontohkan, event otomotif yang banyak digelar telah mendatangkan banyak orang ke Sidrap.

“Dan mereka yang datang pasti nginap dan makan di Sidrap. Itu tujuan kita,” tegasnya.