Pemkot Palopo – Bandung Kerjasama Smart City

Editor : Asri Muhammad

Online24, Palopo – Dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan public, Pemkot Palopo melalui Dinas Kominfo melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Bandung, rabu(14/3/2018) di Bandung. Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Kadis Kominfo Palopo, Baso Akhmad dan Kadis Kominfo Kota Bandung, dr.Ahyani Raksanagara, M.Kes.  Menurut Kabid infrastruktur Diskominfo Palopo, Ilham Tahang S.STP yang menghadiri penandatanganan itu menuturkan bahwa perjanjian kerjasama tersebut adalah merupakan tindak lanjut MoU Pemkot Palopo dan Pemkot Bandung pada tahun 2016 silam terkait pengembangan Smart City yang salah satu tujuan utamanya untuk  meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan.

Ilham menambahkan bahwa kerjasama itu berupa transfer berbagai aplikasi smart city yang dimiliki oleh Pemkot Bandung yang dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik yang dapat meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan public untuk selanjutnya dijabarkan di Kota Palopo. “ tujuan kerja sama ini adalah terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dengan berbasis teknologi informasi yang dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas serta sinkronisasi dalam tata kelola pemerintahan ‘ ujar mantan Sekcam Wara Utara ini.

Dalam perjanjian kerjasama itu, disepakati beberapa point penting diantaranya pihak Pemkot Bandung akan menyediakan daftar atau repositori aplikasi yang dapat diberikan pemanfaatannya secara cuma-cuma kepada Pemkot Palopo termasuk pelaksanaan Proses transfer of knowledge melalui pelatihan aplikasi oleh Pemkot Bandung bagi operator dan administrator yang ditunjuk oleh Pemkot Palopo. Perjanjian ini berlaku selama 3 (tiga) tahun terhitung sejak tahun 2018 sampai dengan 2021.