Pantang Patah Semangat Guru Ini Ajari Siswanya Microsoft Dengan Menggambar di Papan Tulis

Editor : Muh. Idris

Online24,Betenase – Beredar sebuah foto yang membuat heboh dunia pendidikan di SMP Betenase di Sekyedomase. Dimana seorang guru mengajarkan tentang materi Microsoft Word dengan kapur warna-warni di papan tulis hitam di depan sekitar 100 muridnya.

Diketahui bahwa sekolah tersebut memang belum pernah memiliki komputer sejak 2011 lalu. Sehingga murid-muridnya jika ingin mengetahui tentang apa itu Word, mereka hanya bisa melihat tampilannya lewat gambar gurunya itu.

Dia adalah seorang guru TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) asal Ghana yang mengajar menggunakan media papan tulis, bernama, Richard Appiah Akoto. Ketekunannya memberi pelajaran Word dengan cara digambar itulah yang membuat guru ini jadi Viral di Media sosial.
Menurut Akoto, materi yang disampaikan itu dipahami oleh muridnya, dengan cara menyalin tampilan antarmuka Microsoft Word, persis sepeti yang ada di monitor.

“Saya selalu melakukan ini di setiap pelajaran yang saya ajarkan. Saya menggambar monitor, sistem unit, keyboards, mouse, formatting toolbar, drawing toolbar, save as dialog box dan lainnya”, jelas Akoto.

Di tengah keterbatasan itu, rupanya tidak membuat ia masa bodoh tetapi ia tetap gigih untuk memberikan ilmu, demi kemajuan siswanya. Hasilnya, murid-murid Akoto berhasil meraih nilai A tahun lalu.

Beberapa donatur yang mengetahui kejadian itu akhirnya tergerak untuk memberikan komputer desktop dan laptop untuk sekolah tersebut. Salah satunya adalah Amirah Alhartini, seorang mahasiswa PhD Universitas Leeds, Inggris yang berasal dari Arab Saudi.

“Saya selalu memahami pelajaran dari Islam, bahwa ilmu yang bermanfaat adalah krusial untuk kepentingan diri dan kemanusiaan”, jelas Amirah, Sebagaimana dikutip dari CNN, Senin (19/3/2018).

“Saya juga berpikir betapa banyak orang-orang jenius yang hilang karena orang-orang tersebut tidak memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing dengan yang lain, dan itu membuat saya sangat sedih”, tambah Amirah.

Selain Amirah ada juga NIIT Ghana yang berbasis di Accra juga menyumbang lima unit komputer desktop dan tiga kotak buku TIK, serta sebuah laptop pribadi untuk Akoto.
Menurut Manajer NIIT, Ashish Kumar, mengatakan ia merasa simpati setelah melihat foto-foto Akoto menggambar di papan tulis.

“Kami mencetak berita itu (foto Akoto), menempelkannya di papan pengumuman dan membaginya dengan CEO kami, Kapil Gupta”, ujar Kumar. Kepala bisnis NIIT, Yaw Amoateng dan senior manajer Sanjeev Mishra.

Akibat fotonya yang beredar itu, membuat sejumlah netizen menjadikannya sebagai tokoh inspiratif. Dan bagai gayung bersambut. Pihak Microsoft memberikan peralatan serta pelatihan profesional untuk Akoto dan menerbangkan Akoto ke Singapura untuk menghadiri pertemuan tahunan Microsoft Educators Exchange.