Viral, Foto Perempuan Afganishtan Ini Kerjakan Ujian Sambil Rawat Bayinya

Reporter :
Editor : Aris Munandar

Online24, Afganishtan – Jahan Taab, 25 tahun, mendadak dikenal banyak orang setelah fotonya yang tengah mengikuti ujian sembari memangku bayinya viral di media sosial.

Dalam foto tersebut nampak Jahan duduk melantai. Ia mengerhakan ujian sembari merawat bayinya yang masih berusia 2 bulan.

Adalah Yahya Erfan, pengawas ujian yang juga dosen Institut Pendidikan Tinggi Nasirkhosraw di Afganishtan yang mengabadikan momen tersebut.

Erfan mengatakan bahwa Jahan saat itu tengah mengikuti ujian masuk untuk kursus sains sosial.

Jahan Taab mengikuti ujian masuk – yang disebut ujian Kankor untuk kursus ilmu sosial di Institut tersebut. Ketika bayinya yang baru berusia dua bulan mulai menangis, ia kemudian meninggalkan meja dan duduk melantai untuk mengerjakan ujian sembari merawat bayi nya.

“Sungguh menakjubkan dan semua teman sekelasnya sangat mengagumi dirinya, “katanya seperti dikutip dari laman CNN.

“Jahan Taab lulus ujian Kankor dengan 152 poin dan dia sekarang ingin menghadiri fakultas ilmu sosial,” kata Erfan.

Erfan menambahkan, bahwa Jahan Taab, yang memiliki tiga anak, melakukan perjalanan sekitar enam hingga delapan jam dari desa asalnya, Hoshto, di distrik Miramar, ke Nilli untuk menghadiri ujian.

Selain masalah jarak yang jauh, Erfan khawatir Taab tidak bisa meneruskan studinya karena masalah biaya. Biaya universitas di Nasirkhosraw sekitar $ 143 hingga $ 172 dolar Amerika. Dan Taab harus mendiskusikan pendanaan dengan administrasi untuk mengejar impiannya untuk belajar di sana.

Sementara itu, organisasi Inggris, Asosiasi Pemuda Afganistan, meluncurkan GoFundMe untuk mendukung studi Taab.