Ketua DPRD Gowa Dianggap Tidak Serius Jalankan Proses PAW

Reporter :
Editor : Endhy
sumber: google
sumber: google

Online24, Makassar – Gugatan Hernest terhadap Lukman Dg Naba yang melibatkan Pimpinan DPRD Kabupaten Gowa berujung pada asumsi bahwa telah melawan hukum.

Bagaimana tidak, perkara pemilu legislatif Dapil 1 Somba Opu, Kabupaten Gowa pada tahun 2014 silam, sudah ada titik terang melalui sidang etsepsi Mahkama Partai sejak 12 November 2015 dan dari Pengadilan Negeri Sungguminasa sejak 21 Desember 2017. Namun, Ketua DPRD Kabupaten Gowa, Ansar Bate tidak mengindahkan putusan tersebut.

Rasa kekecewaan Hernest selaku penggugat disampaikan saat ditemui online24jam.com di kediamannya, kompleks Bumi Permata Hijau, jalan Sultan Alauddin, Kota Makassar, Rabu (21/3/2018). Menurutnya, hasil Mahkamah Partai dan PN Sungguminasa sudah final. Kendati demikian, belum ada tindak lanjut dari Ketua DPRD Kabupaten Gowa hingga saat ini.

“Andi Lukman Dg Naba sudah seharusnya pergantian antar waktu (PAW) dari DPRD Kabupaten Gowa. Pada kenyataannya, setelah ajukan di Mahkamah Partai dan pihak lawan tidak ajukan banding, maka putusan itu berkekuatan tetap. Sehingga, DPC Demokrat Kabupaten Gowa mengusulkan PAW kepada DPRD Kabupaten Gowa. Namun tidak dilaksanakan,” ungkap Hernest, Rabu (21/3/2018) jelang sore.

“Selanjutnya, kami kemudian mengajukan di PN Sungguminasa dan terbukti bahwa yang selayaknya pimpinan DPRD kabupaten Gowa ini melaksanakan namun tidak dilaksanakan maka lahirlah putusan bahwa DPRD Kabupaten Gowa melakukan perbuatan melawan hukum,” jelasnya.

Bahkan, menurut Hernest bahwa pihaknya telah melakukan somasi untuk segera melakukan pergantian antar waktu. Namun, hingga saat ini belum ada tindak lanjut dari DPRD Kabupaten Gowa yang notabene institusi legislatif pembuat aturan.

“Itu harus segera melaksanakan, supaya masyarakat tahu bahwa mereka ini membuat aturan, selayaknya patuh terhadap perundang-undangan yang ada,” tutupnya.

Sampai saat ini, Ketua DPRD Kabupaten Gowa belum dapat dikonfirmasi terkait adanya asumsi bahwa dirinya melawan hukum, yakni tidak melakukan PAW sebagaimana ditetapkan dalam Mahkamah Partai dan PN Sungguminasa.