Kuliah Umum STIM Nitro dengan Badan Standarisasi Nasional (BSN)

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Nitro (STIM Nitro) Makassar bekerjasama dengan Badan Standarisasi Nasional (BSN) dalam melaksanakan Kuliah umum di Kampus STIM Nitro Makassar Jl.Prof.Abdurrahman Basalamah, dengan tema “Peran Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) dalam meningkatkan Daya Saing Nasional.

Kuliah umum ini dihadiri oleh beberapa Pimpinan Perguruan Tinggi dan Dosen pada Wilayah Kopertis IX Sulawesi, Dosen dan Staff STIM Nitro Makassar, serta Mahasiswa/i STIM Nitro.

Sementara itu, Kuliah Umum ini dibawakan oleh Prof.Dr.Ir.Bambang Prasetya.Msc (Kepala Badan Standarisasi Nasional). Dalam materinya Prof.Bambang menyampaikan bahwa BSN masuk Ke Perguruan Tinggi untuk Melaksanakan Kuliah Umum Bekerjasama dengan Perguruan Tinggi, salah satu tujuannya adalah untuk melakukan Sosialisasi Standarisasi Nasional, Termasuk menstandarisasikan Program Study yang ada pada Perguruan Tinggi harus Standarisasi Nasional, sehingga sesuai dengan kebutuhan Pasar Kerja.

Badan Standarisasi Nasional merupakan Lembaga Non Pemerintah dibawah naungan Komisi VI DPR/RI, dengan landasan Hukum 20/2014 tentang Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian, dimana tugas Badan Standarisasi Nasional adalah untuk Mengembangkan Standarisasi Nasional dan Melakukan Akreditasi Melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Kuliah Umum ini dibuka oleh Prof.Dr.H.Marsuki.DEA.PhD (Ketua STIM Nitro Makassar), Dalam Sambutannya, Prof Marauki Menyampaikan bahwa Kamous Nitro Merupakan Pilihan orang-orang Cerdas, mahasiswa yang Kuliah Di Nitro termasuk Mahasiswa yang cerdas karena dibekali dengan 3B (Belajar,Berorganisasi dan Berwirausaha), ini merupakan salah satu Standarisasi yang harus dimiliki mahasiswa STIM Nitro, Belajar untuk mendapat Nilai yang bagus, Berorganisasi untuk mengasah Soft Skill yang tdk didapatkan dibangku Kuliah, dan Berwirausaha supaya mahasiswa tidak hanya bercita-cita menjadi Pegawai atau Karyawan, tapi Mahasiswa setelah selesai bisa Menjadi Pengusaha yang memperkerjakan Karyawan.

Mahasiswa STIM Nitro berpakaian Seragam, disiplin dan harus on time. Ini merupakan Standarisasi yang berlakukan di STIM Nitro Makassar.

Laporan :

Rosnaini Daga
Dosen STIM Nitro Makassar