Ini Gejala Depresi yang Mungkin Kamu Alami

Editor : Endhy
Ilustrasi (foto: google)
Ilustrasi (foto: google)

Online24 – Depresi merupakan suatu gangguan jiwa yang menyerang perasaan seseorang. Selama ini banyak masyarakat yang meremehkan hal tersebut. Padahal, menyelamatkan depresi bisa jadi menyelamatkan nyawa seseorang. Menurut WHO, ada sekitar 800.000 orang memutuskan mengakhiri hidup karena depresi.

Jika diketahui lebih cepat, sebenarnya kita bisa membantu orang-orang yang depresi dengan cara sederhana. Misalkan dengan mendengarkan keluhan, mengajak berlibur, menyenangkan perasaannya, dan masih banyak lagi. Sayang sekali, selama ini masyarakat justru mencemooh para penderita depresi karena dianggap lemah mental. Padahal setiap individu memang tercipta dengan kapasitas ketahanan yang berbeda.

Depresi juga merupakan salah satu gangguan jiwa yang tersebar begitu luas. Sebenarnya hampir setiap orang pernah menderita depresi. Seperti dilansir idntimes.com, berikut adalah enam gejala depresi secara umum yang mudah diketahui dan diukur.

  1. Cemas

Cemas adalah sesuatu yang wajar. Tapi bagaimana bila kecemasan tersebut datang berulang-ulang? Tentu lama-kelamaan itu akan menjelma menjadi rasa takut. Perasaan tersebut kerap membuat para penderita depresi menjadi susah beristirahat. Setiap kali merebahkan badan, ada saja hal-hal yang membebani pikiran.

  1. Lelah

Pernah merasa lelah yang tak kunjung selesai? Barangkali itu suatu tanda kamu tengah mengalami depresi. Rasa lelah bisa berlangsung bahkan hingga berminggu-minggu. Pikiran-pikiran negatif yang muncul di otak membuat otak bekerja ekstra dan membuat tubuhmu kelelahan. Cobalah berlibur sejenak dari kesibukanmu.

  1. Pola tidur tak teratur

Akhir-akhir ini merasa susah terlelap? Kamu masih muda namun sudah sering terbangun di malam hari tanpa sebab yang jelas? Jangan-jangan itu karena kecemasan berlebihan yang menghantui alam bawah sadarmu. Pola tidur yang terganggu juga akan membuat produktivitas keesokan harinya menurun.

  1. Nyeri kepala

Setiap orang tentu pernah merasakan nyeri kepala. Nyeri kepala karena flu, kepanasan, belum makan, lelah, dan banyak lagi. Nyeri kepala bisa menjadi sebuah tanda dari adanya gangguan atau kelelahan pada organ tubuh lain. Keadaan yang sulit membaik tersebut bisa sering muncul pada penderita depresi.

  1. Gangguan saluran cerna

Jika kamu sering tiba-tiba merasa sakit perut atau diare tanpa sebab yang jelas, bisa jadi itu karena pikiran (psikogenik). Tentu kamu pernah menjumpai orang-orang yang selalu diare sebelum ujian atau selalu merasa mulas ketika berada di tempat yang asing baginya. Kamu bisa saja tak percaya, tapi hal ini bisa dibuktikan secara ilmiah.

  1. Berat badan berubah

Tentu ada banyak sebab di balik perubahan berat badan. Akan tetapi, gangguan pikiran bisa menjadi salah satu penyabab. Depresi bisa merangsang pusat rasa lapar di otak maupun memengaruhi motilitas saluran cerna. Hal ini bisa berpengaruh pada nafsu makan dan pencernaan seseorang. Jika sudah demikian, berat badan bisa menjadi turun atau malah naik.

Apakah banyak di antara ke enam tanda di atas pernah kamu alami? Jika ya, segeralah mencari bantuan untuk meredakan depresimu. Semoga bermanfaat.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu