Kini, Layanan Khusus Belanja Online Hadir di Instagram

Editor : Endhy
Instagram/foto: google
Instagram/foto: google

Online24 – Di kalangan millenials masa kini, selain jadi media sosial yang paling eksis, Instagram juga mulai mempunyai fungsi penting lain yakni sebagai marketplace.

Menjamurnya akun-akun jualan alias online shop di Instagram jadi fenomena yang memengaruhi gaya beli para penggunanya.

Belakangan logaritma media sosial berbagi foto ini berubah dan cukup berdampak pada para penggiat jual beli online yang memanfaatkan platformnya. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata Instagram sendiri telah membuka layanan belanja online?

Layanan belanja atau Instagram Shopping Service telah diluncurkan sejak Oktober 2017 namun hanya di Amerika Serikat

Layanan ini sebenarnya gak baru-baru banget. Instagram Shopping Service sudah sukses diluncurkan di Amerika Serikat pada Oktober 2017.

Fitur baru ini menyederhanakan proses pembelian lewat Instagram sehingga gak serepot olshop Instagram sekarang yang terkadang harus pindah platform lagi untuk menyelasaikan.

Fitur ini juga memungkinkan penjual untuk memasukkan tautan ke situs-situs mereka sendiri dan menyertakan berbagai informasi tentang barang yang dijual seperti harganya dan lain-lain.

Maret 2018 ini Instagram Shopping Service juga diluncurkan di 7 negara lainnya, salah satunya Inggris

Menyusul kesuksesan di Amerika Serikat, baru-baru ini fitur Instagram Shopping Service juga diluncurkan di tujuh negara lain. Jadi selain Amerika, kamu baru bisa menggunakan fitur ini di Inggris, Kanada, Brazil, Jerman, Prancis, Italia, Spanyol dan Australia.

Sejumlah brand dunia sudah menggunakan terobosan baru dari Instagram ini. Brand seperti Marks & Spencer, Heidi Klein, dan Mahabis telah melakukan percobaan skala kecil untuk memasarkan produk mereka via layanan tersebut.

Dilansir dari Wired, Kepala Pengembangan Produk Instagram, Amy Cole percaya fitur belanja online terbaru ini akan membantu bisnis-bisnis yang lebih kecil untuk menghindari aliran revenue tradisional dan langsung mencapai konsumer.

Instagram Shopping Service mempermudah proses jual beli dan menghubungkan kostumer dengan aneka retailers di seluruh dunia

Dengan Instagram Shopping Service, penjual dapat menge-tag hingga lima produk per satu postingan gambar tunggal atau mencapai 20 tag per satu postingan gambar majemuk. Saat ini Insta-shopping hanya menjangkau barang-barang fisik seperti pakaian dan produk kecantikan.

Setelah sebuah akun mengunggah konten sebanyak sembilan kali, opsi untuk berbelanja akan tersedia sehingga pengguna dapat melihat-lihat berbagai barang yang ditawarkan. Instagram gak akan memungut bayaran dari para penjual maupun pembeli untuk layanan ini dan untuk saat ini fitur ini hanya berlaku buat konten-konten organik, dan gak berlaku untuk konten berbayar.

Duh, belanja di Instagram jadi semakin mudah dan asik nih kalau fitur Instagram Shopping sudah masuk Indonesia juga. Kamu yang para seller Instagram, excited gak dengan terobosan baru ini?