Bagaimana Nasib Puluhan Ribu Calon Jemaah Abu Tours ?

Reporter :
Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – Polda Sulsel akan terus bekerja sama dengan Kementrian Agama Sulawesi Selatan untuk menentukan bagaiamana nasib puluhan ribu calon jemaah Abu Tours yang diterlantarkan.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan bahwa, pihaknya masih terus membuka posko pengaduan Abu tours untuk menerima aduan dari masyarakat yang merasa dirugikan.

“Kami terus menerima aduan dari masyarakat yang menjadi korban abu tours. Hingga hari ini Sudah 299 orang yang melapor ke posko pengaduan abu tours. Mereka yg melapor atas jamaah sebanyak 9190 orang,” beber Kombes Pol Dicky Sondani saat ditemui di Makodam XIV Hasanuddin, Selasa (3/4/2018).

Menurut Dicky, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus(Ditreskrimsus) Polda Sulsel akan melakukan verifikasi terhadap laporan para calon jemaah yang merasa dirugikan tersebut sebagai bahan masukan untuk dikaji di Kementrian Agama Sulawesi Selatan.

“Laporan tersebut akan dikaji oleh Kemenag bersama Polda Sulsel terkait akan dikemanakan para calon jemaah Abu Tours yang tidak berangkat ini. Apakah uangnya dikembalikan atau diberangkatkan menggunakan travel lain,” ujarnya.

Selain itu, kata Dicky, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Sulsel akan terus melakukan penyitaan terhadap seluruh aset-aset Abu Tours setelah mendapatkan izin dari Pengadilan Negeri Makassar.

“Kita harapkan pada saat sidang di pengadilan nanti aset-aset milik Hamzah Mamba bisa dilelang dan hasilnya akan dikembalikan kepada para jemaah,” tukasnya.

[fbcomments]