Pelatih Persela Ungkap Kunci Sukses Permalukan PSM

Editor : Aris Munandar
Pelatih Persela Aji Santoso
Pelatih Persela Aji Santoso

Online24, Makassar – Pelatih Persela, Aji Santoso berhasil mengatarkan timnya membungkam tuan rumah PSM 3-2 dalam lanjutan Liga 1 pekan ketiga. Seusai laga, Aji mengungkapkan kunci sukses menaklukkan PSM di markasnya sendiri.

Menurut Aji, selain kerja keras anak asuhnya, kunci mengalahkan tim Juku Eja adalah menutup pergerakan playmaker mereka, Wiljan Pluim. Dan Aji menugaskan khusus kepada Syahroni mengawal gelandang asal Belanda itu.

“Saya tahu motor serangan utamanya adalah Pluim. Saya instruksikan Syahroni di meeting sehari sebelum ke Makassar khusus untuk mengawal dia. Saya tidak mau melihat Pluim leluasa,” ungkap Aji usai laga di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Jumat (6/4/2018) malam.

Selain itu, dirinya juga menerapkan taktik berbeda dari dua laga sebelumnya. Mantan stopper PSM ini menurunkan lima gelandangnya sekaligus untuk memutus aliran bola tim lawan dari sisi sayap.

“Biasanya saya juga memakai taktik 4-2-3-1, tapi saya mencoba taktik baru tadi dengan 4-3-2-1 dengan menumpuk lima gelandang di tengah dan tak memainkan pemain sayap. Terlihat pemain lebih leluasa dan menikmati jalannya pertandingan,” paparnya.

“Saya lihat PSM, bolanya selalu dari samping, saya menonton gol-gol mereka, semua berawal dari samping. Jadi saya hanya meminta satu pemain menjaga pemain lawan di sisi sayap, tapi menumpuk pemain di tengah agar penyerangnya tidak leluasa,” jelasnya.

Bukan hanya itu, Aji juga mengatakan jika pemain PSM terlalu menganggap remeh timnya. Sehingga kata dia, hal ini jadi celah bagi timnya yang justru tampil tanpa tekanan.

“Kalau kualitas PSM mungkin di atas kami. Tapi mungkin PSM terlalu percaya diri, ini mungkin yah. Saya sebenarnya tidak suka mengomentari kelemahan tim lawan, saya lebih suka memuji permainan tim saya,” imbuhnya.

Persela mencetak gol pertama lewat serangan balik lewatlsundulan Loris Arnaud, menuntaskan umpan silang Diego Asiss pada menit 8. Diego lagi-lagi menjadi kreator untuk gol Shohei Matsunaga pada menit 25 juga dari serangan balik.

Shohei lalu mencetak Brace lewat tendangan bebas pada menit 58. Gol ini juga tak lepas dari Rivky Mokodompit yang salah mengantisipasi datangnya bola.

Sementara PSM hanya mampu membalas melalui tendangan bebas Marc Klok di menit 45 dan lesakan Zulham Zamrun di menit 77.

Ini jadi kemenangan perdana bagi Persela di Liga 1 2018. Dua laga sebelumnya dilalui dengan sekali kalah dan imbang. Dengan empat poin, Persela menyodok ke posisi keempat klasemen.

Bagi PSM, kekalahan itu memutus dua kemenangan beruntun mereka. Posisi mereka di klasemen juga kini terancam disalip tim lainnya.