Robert Salahkan Pemain PSM Atas Kekalahan dari Persela

Editor : Aris Munandar
Pelatih PSM Robert Rene Alberts
Pelatih PSM Robert Rene Alberts

Online24, Makassar – PSM harus tertunduk malu di hadapan publiknya sendiri usai kalah 2-3 dari Persela. Kekalahan ini memutus kemenangan beruntun mereka di dua laga perdana Liga 1 2018.

Juru racik Robert Rene Alberts mengatakan jika kekalahan itu akibat kesalahan anak asuhnya sendiri. Hal pertama yang Robert sorot adalah antasipasi serangan balik lawan.

Dua gol pertama Persela yang dicetak Loris Arnauld (8′) dan Shohei Matsunaga (25′) semuanya lahir dari serangan balik. Menurutnya, ia membaca permainan Laskar Joko Tingkir yang bakal menerapkan strategi ini. Namun, timnya tak menjalankan instruksinya.

“Yah, kita kalah. Kita tidak melakukan apa yang kita rencanakan. Dan kita sebenarnya sudah bersiap dengan hal-hal tersebut, mereka akan main serangan balik. Namun kita tidak terlalu baik menghalau serangan balik itu,” ujarnya usai laga di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Jumat (6/4/2018) malam.

Masalah kedua di mata pelatih asal Belanda ini adalah penampilan buruk kipernya, Rivky Mokodompit. Bukan hanya gol ketiga Persela dari tendangan bebas Shohei yang salah diantisipasi Rivky. Namun Robert menyebut dua gol lainnya juga tidak terlepas dari kesalahan Rivky.

“Kita tahu juga, satu kesalahan fatal di lakukan Rivky di situ. Tapi tiga gol ke gawang kami, dia juga berpengaruh. Kita akan evaluasi hal itu,” jelasnya.

Meski demikian, di akhir pernyataannya, Robert tampaknya tak mau sepenuhnya menyalahkan para pemainnya. Dirinya tetap mengapresiasi upaya Wiljan Pluim dkk menyamakan kedudukan meski gagal.

“Babak kedua kita bermain lebih baik. Kita membuat peluang-peluang bagus, tapi kita kemasukan 3-1 lalu memperkecil ketertinggal lagi. Kita bisa saja menyamakan kedudukan,” katanya.

“Pemain sudah berusaha dan mencoba sekuat tenaga. Saya tidak bisa menyalahkan siapapun karena pemain sudah berusaha,” tandasnya.

Dua gol balasan tim Juku Eja pada laga ini dilesakkan Marc Klok pada menit 45 dan Zulham Zamrun di menit 77. Kekalahan ini membuat posisi puncak mereka berpeluang besar digusur tim lain.