Pegawai Dinkes Lutra Dilatih Promosi Kesehatan Melalui Media Cetak dan Elektronik

Editor : Aris Munandar

Online24, Masamba – Promosi kesehatan (promkes) sangat penting dilakukan dalam rangka memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat agar mereka mampu mengontrol dan memperbaiki kesehatan sesuai standar kesehatan yang dikeluarkan pemerintah, dalam hal ini instansi terkait. Untuk itu, dibutuhkan media promosi, baik cetak maupun elektronik, guna menunjang promosi kesehatan agar betul-betul sampai kepada masyarakat.

Hal ini kemudian yang mendorong Dinas Kesehatan Luwu Utara, melalui Bidang Kesehatan Masyarakat, memberikan Pelatihan Pengembangan Media bagi 30 Petugas Promkes Puskesmas yang terdiri dari 12 Petugas Promkes, 14 Promotor Kesehatan Puskesmas Kontrak, serta satu Petugas Kesehatan Lingkungan (Kesling), satu Petugas Kesehatan Gizi, satu Petugas UPTD Transfuri Darah dan satu petugas UPTD Labkesda.

“Perkembangan informasi dan teknologi di jaman now mengharuskan petugas promkes memiliki kompetensi yang mumpuni. Untuk itu, Dinas Kesehatan melalui Bidang Kesmas melaksanakan Pelatihan Pengembangan Media bagi 30 Petugas Promkes Puskesmas selama tiga hari di Aula Hotel Remaja Indah Masamba,” ungkap Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Lutra, Anjas Rusli, Minggu (8/4) via sambungan telepon selulernya.

Kegiatan pelatihan ini, kata Anjas, telah dilaksanakan sejak 5 April sampai 7 April 2018 kemarin, dengan menghadirkan Pemateri Profesional yaitu Ketua Persatuan Promosi Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPKMI) Provinsi Sulawesi Selatan, Haryamin, dan Direktur CV. Cahaya Harapan Pratama, Indhar Manji. “Sengaja kami menggelar pelatihan semacam ini mengingat para petugas promkes puskesmas belum menguasai teknik membuat dan mendesain media secara benar dan menarik,” ungkap Anjas.

Anjas menambahkan, dalam pelatihan tersebut, para peserta dilatih membuat media promosi kesehatan, baik cetak dan elektronik. Untuk cetak, peserta dilatih bagaimana membuat poster, banner dan baligho, baik indoor ataupun outdoor. Sementara untuk media elektronik, peserta dilatih bagaimana membuat video pendek dengan durasi 3 – 5 menit yang di dalamnya berisi ajakan untuk hidup sehat.

“Semoga ilmu yang telah mereka peroleh dapat terus dikembangkan, sehingga Petugas Promkes Puskesmas bisa lebih profesional dalam bekerja di bidangnya serta mampu meningkatkan kinerjanya dari hari ke hari. Terus berkarya, semoga teman-teman Promkes menjadi hebat untuk Luwu Utara yang semakin sehat dan Indonesia yang semakin kuat,” pungkas Anjas Rusli.