Terima Salinan Putusan, Kejari Makassar Langsung Eksekusi Moses

Reporter :
Editor : Endhy
Foto saat proses eksekusi di rumah Moses/Dok kejari Makassar
Foto saat proses eksekusi di rumah Moses/Dok kejari Makassar

Online24, Makassar – Tim dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar ber.gerak cepat melakukan eksekusi terhadap terpidana kasus korupsi penyelewengan dana Bansos Sulsel (2008) Mustagfir Sabri alias Moses. Eksekusi tersebut dilakukan berdasarkan keputusan Mahkamah Agung (MA).

Kasipidsus Kejari Makassar, Andi Helmi Adam, yang juga ketua tim eksekusi mengatakan terpidana dieksekusi di rumahnya yang berada di Perumahan Pratama Dg Tata 1 sekitar pukul 17.30 wita.

Helmi mengatakan, eksekusi berjalan secara kondusif dan tanpa adanya perlawanan. Helmi menambahkan, pihaknya tak butuh waktu lama untuk menggiring Moses ke dalam lapas, karena administrasinya sudah siap.

“Yang bersangkutan dieksekusi di rumahnya dan keadaan kondusif. Yang bersangkutan langsung dibawa ke lapas klas 1 Makassar untuk menjalani masa hukuman,” ujarnya.

Kejari Makassar sendiri baru hari ini menerima salinan putusan MA.

Sekedar diketahui, Mustagfir Sabry alias Moses, adalah terdakwa kasus korupsi dana bansos sulsel.  Pada tahun 2015, ia divonis bebas oleh pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor). Atas putusan bebas tersebut, jaksa penuntut umum mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

Kemudian pada tanggal 16 Juni 2016, MA mengabulkan permohonan kasasi JPU dengan menjatuhkan vonis penjara 5 tahun penjara, denda Rp  200 juta dan subsidair 6 bulan terhadap Moses.

Anggota DPRD periode 2014 -2019 dari Fraksi Hanura tersebut sempat ditahan di lapas klas 1 Makassar saat menjalani persidangan.