Begini Cara Disdikbud Sidrap Sosialisasikan UU terkait Budaya

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Sidrap-Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten sidrap menggelar kegiatan sosialisasi UU no. 5 tahun 2017 tentang kebudayaan, namun acara sosialisasi ini dikemas lebih menarik dan santai dengan kemasan Bazar budaya yang di gelar dipelataran monumen ganggawa, Pangkajene, kecamatan maritengae, kabupaten sidrap, Selasa (10/04/2018).

Dalam sosialisasi ini pengunjung juga dapat menyantap sajian menu makanan yang terdapat pada kupon bazar, pengunjung menukarkan kupon mereka kepara pedangan yang berjejer mengelilingi area panker, sembari menikmati sajian makanan, pengunjung juga disuguhkan ragam seni budaya yang ditampilkan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Sidrap Nurkanaah saat ditemui disela-sela kegiatan mengatakan, karya seni yang ditampilkan seperti oson,cerita rakyat, lagu daerah dan tarian.

“Ini kegiatan Bazar budaya yang tujuannya untuk mensosialisasikan UU no. 5 tahun 2017 tentang kebudayaan,”Ujarnya.

Nurkanaah menjelaskan, UU tersebut hadir agar bagaimana kebudayaan ini bisa terus maju, dan ini juga menjadi urusan wajib bagi pemerintah, salah satu upaya yang dilakukan disdikbud yakni dengan melakukan kegiatan bazar budaya kemudian juga mengintegrasikan kebudayaa kedalam mata pelajaran.

“Yang kami lakukan misalnya, memasukkan kebudayan ke mata pelajaran muatan lokal, seperti bahasa bugis misalnya, disitu kita bisa masukkan musik tradisional,”Tambahnya.

Setidaknya ada 15 poin kebudayaan yang harus dimajukan, di antaranya, tarian, rumah adat,olah raga tradisional, teknologi tradisional dan pakaian adat.

“tujuan ahirnya tentu saja adalah penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik,” Tandasnya.