Bungkam City di Etihad Stadium, Liverpool Pastikan Lolos ke Semi-Final

Editor : Andhika BD
goal.com
goal.com

Online24 – Bertandang ke Etihad Stadium tidak membuat nyali para pemain Liverpool turun. Bermodalkan kemenangan 3-0 pada leg 1, membuat Liverpool percaya diri datang ke City.

Liverpool memastikan satu tiket ke semi-final Liga Champions setelah unggul 2-1 atas Manchester City, Rabu (11/4) dini hari WIB. Secara agregat,  The Reds  memastikan kemenangan 5-1 atas City.

Kedua tim sama-sama menurunkan skuat terbaiknya pada laga ini. City kembali dengan Gabriel Jesus dan Leroy Sane, sementara Liverpool dengan Roberto Firmino dan Mohamed Salah.

Siapa sangka,  The Citizens  langsung unggul di menit kedua. Raheem Sterling memanfaatkan kelengahan Virgil van Dijk untuk meneruskan bola pada Jesus. Dengan mudah, striker Brasil itu menaklukkan Loris Karius dari jarak dekat.

Gol tersebut membuat City kian panas. Sane, Sterling, dan Jesus terus menggempur gawang  The Reds . Salah dkk pun terpaksa bermain di area sendiri dan menutup setiap ruang tembak.

Bernardo Silva nyaris menggandakan keunggulan City di pertengahan babak. Melakukan aksi individu, gelandang Portugal itu menutup aksinya dengan tembakan lengkung. Bola sudah melewati Karius, namun cuma mampu mencium mistar.

Jelang jeda, momen penuh kontroversi terjadi. Wasit mengangkat bendera  offside  ketika Sane menerima umpan dari belakang. Para pemain City sempat melakukan protes, tetapi tayangan ulang menunjukkan Sane berada dalam posisi offside.

Masuk babak kedua, City masih mendominasi pertandingan dan memaksa Liverpool bertahan. Adapun gol kejutan diciptakan di menit ke-56, seiring Salah menyambut bola muntah Ederson, lalu mencungkil bola ke gawang City. Kedudukan imbang 1-1.

Aksi Salah itu mengembalikan Liverpool pada permainan dan peluang demi peluang kembali diciptakan. Hasilnya, gol pemutar kedudukan berhasil diciptakan 13 menit sebelum bubaran.

Salah dan Firmino menekan Nicolas Otamendi sehingga bek tengah Argentina itu kehilangan bola. Firmino menggiring bola sendirian, lalu mengirimnya ke sudut gawang Ederson.

Keunggulan 2-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan dan Liverpool memastikan tiket ke semi-final dengan agregat 5-1.