Ingin Menginap di Luar Angkasa? Siapkan Kocek Rp 130 Miliar

Editor : Asri Muhammad
Rancangan kabin hotel (Orion Span) Foto: int
Rancangan kabin hotel (Orion Span) Foto: int

Online24, Makassar – Bagi anda yang ingin merasakan sensasi berlibur dan menginap di ruang angkasa, kini dapat mewujudkan mimpi tersebut. Pasalnya, pada tahun 2022 nanti akan ada hotel mewah pertama yang siap menyambut anda di luar angkasa.

Seperti dilansir dari CNN Travel, Rabu (11/4/2018), hotel mewah itu bernama Aurora Station. Di hotel itu, para pelancong dapat menikmati 16 kali matahari terbit dalam sehari. Selain itu, pelancong dapat mengapung dalam gravitasi nol sambil memandang planet Bumi dari luar angkasa.

Hotel ruang angkasa mewah pertama di dunia, Aurora Station, diumumkan pada hari Kamis lalu di KTT Space 2.0 di San Jose, California, Amerika Serikat. Pengembangnnya adalah Space Orion Span yang berbasis di AS.

Stasiun ruang angkasa modular ini dapat menampung enam orang sekaligus, termasuk dua anggota kru, untuk perjalanan luar angkasa selama 12 hari. Aurora Station berencana menyambut tamu pertamanya di tahun 2022.

Orion Span mengklaim akan adanya pengalaman astronot yang amat otentik. Sebelum menginap, jika sebelumnya harus ada pelatihan selama 24 bulan untuk mempersiapkan para pelancong untuk mengunjungi stasiun luar angkasa, pihak Orion Span menyederhanakannya hingga tiga bulan utnuk meminimalisir biaya.

Selama petualangan 12 hari mereka, traveler super kaya akan terbang pada ketinggian 321 kilometer di atas permukaan Bumi di Orbit Bumi Rendah atau LEP. Hotel ini akan mengorbit Bumi setiap 90 menit yang berarti para tamu akan melihat sekitar 16 matahari terbit dan matahari terbenam dalam setiap 24 jam.

Para tamu juga dapat melakukan obrolan video langsung dengan orang-orang di rumah melalui akses internet nirkabel berkecepatan tinggi dari Aurora Station. Sambil menikmati sensasi gravitasi nol, para pelancong dapat mengambil foto aurora di Kutub Utara dan Selatan dari jendela Aurora Station.

Berapa harga paket menginapnya selama 12 hari? USD 9,5 juta atau setara Rp 128 miliar lebih. Deposit yang harus disetor ke hotel luar angkasa Aurora Station adalah sebesar USD 80.000 dan bisa dikembalikan. Pengembaliannya jika traveler tidak bisa memenuhi pembayaran penuh sesuai yang diminta.

Traveler juga akan menyelesaikan program sertifikasi Astronaut Orion Span tiga bulan (OSAC) selama tiga bulan sebelum lepas landas ke Auora Station. Orion Span memiliki tim ahli luar angkasa yang sudah berpengalaman di lebih dari 140 tahun.