Lebih Pilih Guy Junior Ketimbang Zulham di Sayap, Begini Penjelasan Robert

Editor : Aris Munandar
Striker PSM, Guy Junior dihadang bek PSM, Ahmad Hari Ajis Muin
Striker PSM, Guy Junior dihadang bek PSM, Ahmad Hari Ajis Muin

Online24, Makassar – PSM terus mencari formasi terbaik jelang sowan ke markas Barito Putera dalam lanjutan Liga 1 2018 pekan keempat. Terbaru, Guy Junior yang selalu dipasang jadi ujung tombak digeser ke posisi sayap kanan.

Padahal, posisi sayap kanan adalah posisi ideal dari Zulham Zamrun. Bermain sedikit melebar sebenarnya sudah lumrah dilakoni Guy saat masih berseragam Bhayangkara FC di Liga 1 2017. Saat itu, posisi ujung tombak Bhayangkara diisi Illja Spasojevic.

Merujuk pada tiga laga perdana PSM musim ini, Guy Junior sudah terbiasa bermain di tengah. Namun, absennya Wiljan Pluim, Marc Klok, dan Bruce Djite memaksa juru racik PSM, Robert Rene Alberts merubah formasi menghadapi Barito dengan memasang Ferdinand di tengah dan Guy di sayap.

Sebelumnya, Guy dan Ferdinand sempat diduetkan di lini serang. Namun karena tipe keduanya sama sehingga tak saling mengisi, membuat Robert kembali merubah formasi dengan menggeser Guy melebar ke sayap kanan.

Robert mengatakan, lebih memilih Guy ketimbang Zulham di posisi sayap kanan karena alasan mental. Mentalitas Zulham masih diragukan karena belum tampil reguler, sementara Guy selalu turun dari menit awal di tiga laga PSM.

“Zulham punya kualitas berbeda. jika kita pergi tanpa tiga pemain asing ke barito, itu sulit. Jadi Anda harus punya mentalitas dalam tim yang membuat permainan yang telah dipersiapkan berjalan dengan baik,” kata Robert usai latihan di Stadion Andi Mattalatta, Kamis (12/4/2018).

Robert menjelaskan, mental tim sangatlah penting apalagi mereka akan melawan Barito di hadapan ribuan pendukungnya di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Senin (16/4/2018) nanti. Ia tak mau kesalahan melawan Persela kemarin kembali terulang.

“Kami kebobolan tiga gol di pertandingan terakhir dengan hanya tiga serangan yang mereka miliki. Tetapi kita tidak ingin itu terjadi lagi,” tambah pelatih berkacamata ini.