Fitur Terbaru WhatsApp, Merekam Pesan Suara Tanpa Menahan Tombol Mikrofon

Reporter :
Editor : Endhy
Foto : Daily Mail/Screenshoot fitur baru WhatsApp beta, perekaman voice note secara hands-free dengan lock recording.
Foto : Daily Mail/Screenshoot fitur baru WhatsApp beta, perekaman voice note secara hands-free dengan lock recording.

Online24 – Demi kepuasan para pengguna, WhatsApp kembali menambahkan fitur terbaru dalam layanannya, kali ini berupa pembaruan pada fungsi pesan suara atau yang sering disebut voice note.

Fitur ini akan ada pada aplikasi WhatsApp Android versi beta 2.18.102, bahkan kabarnya bahwa fitur tersebut juga tersedia untuk platform iOS.

Sungguh menarik dengan adanya fitur voice note ini, tentu akan mempermudah penggunanya dengan kemampuan lepas tangan atau hands-free, sehingga proses merekam suara bisa dijalankan tanpa menekan dan menahan tombol mikrofon lagi.

Sebagaimana yang ada saat ini, proses perekaman pada aplikasi WhatsApp harus menahan tombol mikrofon supaya merekam suara, tentunya proses perekaman mengandalkan jari untuk menekan tombol sangat merepotkan karena tidak bisa dilepas begitu saja.

Online24 melansir dari www.dailymail.co.uk, fitur terbaru WhatsApp ini dengan hanya menyapukan jari ke atas, proses rekaman pun akan dikunci tanpa menahan tombol lagi. Daily Mail juga memberitakan bahwa begitu perekaman suara dikunci, pengguna tetap bisa melakukan scrolling chat dalam jendela obrolan yang terbuka.

Bukan hanya itu, pengguna juga masih bisa membatalkan perekaman dan menghapusnya tanpa dikirim sehingga kesalahan dalam rekaman suara itu tidak diketahui oleh penerima pesan suara.

Namun disebut-sebut ada kemungkinan tampilan antarmuka perekaman voice note hands-free ini akan berubah lagi pasca uji coba, sebelum akhirnya diterapkan di aplikasi WhatsApp versi final. Sebagaimana yang dijadikan contoh, fitur penghapusan pesan telah diubah dua kali dalam sebulan terakhir hingga ditetapkannya.