Sidrap United Berpeluang Hadapi PSM Makassar di Piala Indonesia

Editor : Aris Munandar
Tim Sidrap United
Tim Sidrap United

Online24, Makassar – Piala Indonesia 2018 dipastikan akan tetap digelar dalam waktu dekat. Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengatakan rencananya akan ada 128 tim yang berlaga di Piala Indonesia 2018.

Kontestan kasta teratas sepak bola Indonesia tidak mendapat keistimewaan di ajang ini karena langsung tampil sejak babak pertama. Sebanyak 18 klub papan atas di Indonesia itu akan berhadapan dengan tim-tim di Liga 3.

“Kehadiran klub-klub Liga 1 di babak awal dengan format yang didesain sedemikian rupa mempertemukan Liga 1 akan bertemu tim Liga 3,” kata Joko seperti dilansir dari BolaSport.com.

Joko juga mengatakan bahwa PSSI sudah memutuskan bahwa klub Liga 3 yang akan menjadi tuan rumah apabila bertemu dengan tim Liga 1.

Akan tetapi ada beberapa catatan terkait stadion apabila tim Liga 3 menjadi klub Liga 1. Menurut Joko, ini akan jadi keuntungan dan daya tarik tersendiri bagi tim Liga 3 ketika menjamu tim Liga 1 di kandangnya.

“Nanti bermain di divisi bawah (sebagai tuan rumah) jadi main di kandang tim Liga 3, tapi dengan catatan stadion harus memenuhi syarat,” ucapnya.

Dengan begitu, salah satu klub di Sulawesi Selatan yang tampil di putaran Nasional Liga 3 musim lalu, Sidrap United (SU) berpeluang menjamu PSM Makassar, klub yang tampil di Liga 1. Manajamen klub SU sendiri telah mendaftarkan diri mengikuti Piala Indonesia 2018.

Sementara itu, Sekertaris Umum Asprov PSSI Sulsel, Zakaria Leo saat dikonfirmasi Online24jam.com mengaku belum tahu pasti bagaima format penentuan lawan di Piala Indonesia.

“Biasanya klub Liga 1 bertemu klub Liga 2. Tidak langsung ketemu klub Liga 3, masa PSM langsung ketemu Sidrap United. Tapi nanti saya sampaikan seperti apa informasi resminya dari pengurus pusat,” ujarnya, Minggu (15/4/2018).

Sebelumnya, Manajer Sidrap United, Jamil Hasyim mengaku mendaftarkan Stadion Ganggawa Pangkajene sebagai hombase timnya unyuk Piala Indonesia. Stadion berkapasitas kurang lebih 20.000 penonton itu memang sedang direnovasi.

“Soal stadion kita lihat saja perkembangannya. Yang jelas, kita sudah mendaftar sebagai salah satu tim peserta Piala Indonesia 2018,” ujar Jamil.