Jangan Abaikan Kebersihan Miss V Anda, Ini Resikonya

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Bagi wanita kebersihan Miss V adalah suatu kewajiban yang tidak bisa disepelehkan. Miss V perlu mendapat perhatian setiap wanita. Kalau tidak, sudah pasti banyak masalah kewanitaan yang mengganggu.

Terkadang muncul keluhan gatal, kering, nyeri, gangguan haid, keputihan, dan masalah lainnya. Gangguan ini sering terjadi karena Bakteri. menggunakan air bersih untuk mencuci organ intim tidaklah cukup.

Spesial Obstetri dan Ginekologi dr Rikka Mulya Wirman SpOG dari Klinik Amaryllis Bekasi menjelaskan, Miss V yang kondisinya tidak selalu higienis, pasti mempengaruhi kesehatan. Biasanya keluhan itu paling dirasakan saat berhubungan intim.

“Kalau Miss V gatal, biasanya karena alergi sabun, pakai celana dalam bahannya tidak menyerap keringat, sering pakai vagina spray, obat-obatan, karet kondom, pembalut, toilet paper, sampai penggunaan handuk,” ujar dr Rikka, Minggu (15/4/2018).

Selain karena produk kosmetik organ intim, keluhan Miss V gatal juga bisa dipengaruhi karena tumbuh jamur di bagian organ vital. Ini terjadi karena aset kewanitaan Anda dibiarkan sering lembab, jarang mengganti celana dalam, malas ganti pembalut saat darah menstruasi banyak keluar, dan sebagainya.

Banyak wanita mengeluhkan hal tersebut, tapi mereka membiarkan saja. Termasuk terlalu percaya pada iklan produk yang mengiming-iming kesehatan Miss V.

“Apa yang dipakai sehari-hari menimbulkan efek luar biasa, termasuk produk sabun atau kosmetik khusus kewanitaan,” imbuh dr Rikka.

Untuk itu disarankan agar setiap wanita menjaga kebersihan organ intim dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk menghindari sabun khusus organ intim karena ternyata dapat merusak pH.

Selain itu, diminta agar sesering mungkin mengganti celana dalam yang lembab. Di samping itu, konsumsi makanan sumber antioksidan dan minuman suplemen yang mengandung tinggi kolagen.

Ia juga menjelaskan bahwa seiring bertambahnya usia, sangat rentan mengalami masalah penuaan, hal ini tentu harus dicegah supaya tetap nyaman beraktivitas dan melayani suami dengan baik.