200 Juta Telur Ditarik Dari Peredaran, Diduga Terkontaminasi Salmonella

Reporter :
Editor : Aris Munandar
ilustrasi telur
ilustrasi telur

Online24 – Sebanyak 207 juta butir telur di Amerika Serikat ditarik kembali oleh peternakan Rose Acre Farms. Telur-telur tersebut diduga tekanan bakteri salmonella.

Dikutip dari CNN Indonesia, penarikan telur ini dilakukan setelah 22 orang jatuh sakit.

Komisioner Food and Drug Administration( FDA) Scott Gottlieb dalam akun Twitter nya menuliskan agar konsumen yang memiliki telur ayam dari beberapa brand termasuk Coburn Farms, Country Daybreak, Food Lion, Glenview, Great Value, Nelms, Sunshine Farm, tidak disarankan untuk memakannya.

Salmonella sendiri sejenis bakteri yang menyebabkan penyakit serius dan mematikan, khususnya di kalangan anak-anak dan orang tua.

Ayam bisa menularkan bakteri Salmonella ke telur karena melewati saluran yang sama dengan saluran feses. Menurut departemen pertanian AS, bakteri Salmonella yang ada di ovarium ayam betina ini akan masuk ke telur sebelum cangkang telur terbentuk.

Dikutip dari Wikipedia, Salmonella menyebabkan penyakit pada organ pencernaan.Penyakit yang disebabkan oleh Salmonella disebut salmonellosis. Ciri-ciri orang yang mengalami salmonellosis adalah diare, keram perut, dan demam dalam waktu 8-72 jam setelah memakan makanan yang terkontaminasi oleh Salmonella. Gejala lainnya adalah demam, sakit kepala, mual dan muntah-muntah.

Penarikan telur ini adalah yang terbesar sejak tahun 2010.