Apakah Data Facebook Anda Dicuri Cambridge Analytica ? Ini Cara Ceknya

Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – Perusahaan raksasa media sosial, Facebook akhirnya mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna yang datanya mungkin dibagikan kepada Perusahaan konsultan politik, Cambridge Analytica di London.

Setiap pengguna media sosial tersebut akan mendapatkan pemberitahuan dan dapat mengetahui apakah data Facebooknya termasuk dalam kasus “pembobolan data” tersebut.

Namun, jika pemberitahuan itu belum juga diterima, pengguna dapat mengunjungi link [https://www.facebook.com/help/1873665312923476?helpref=search&sr=1&query=cambridge%20analytica].

Melalui link tersebut, pengguna dapat mengetahui apakah data miliknya dipakai oleh Cambridge Analytica atau tidak secara praktis.

Diketahui, Facebook menjadi sorotan dunia setelah tak kurang dari 87 juta data dan sebanyak 1,1 juta data pengguna di Indonesia telah terakses oleh Cambridge Analytica.

Namun, dilansir dari TechCrunch, Senin (16/4/2018), Cambridge Analytica membantah telah melakukan “pembobolan data” pengguna Facebook. Perusahaan itu mengklaim hanya memakai data dari 30 juta pengguna yang diperoleh dari Global Science Research.