Empat Tahun Setelah Kedua Orang Tuanya Meninggal, Bayi Ini Lahir

Reporter :
Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – Seorang bayi di Cina lahir empat tahun setelah kedua orang tuanya meninggal. Bayi tersebut lahir dengan menggunakan ibu pengganti. Pasangan suami istri Shen Jie dan Liu Xi telah menikah selama beberapa tahun.

Kedua pasangan tersebut memutuskan untuk megikuti program bayi tabung karena tak kunjung hamil. Tragisnya lima hari sebelum liu menerima transpalasi telur untuk dibuahi, pasangan itu meninggal dalam kecelakaan mobil di provinsi Jiangsu Cina.

Dilansir dari OddityCentral.com, orang tua kedua pasangan tersebut kemudian berusaha memperjunangkan agar mereka dapat menggunakan embrio-embrio yang berhasil disimpan di dalam wadah berisi nitrogen cair dengan suhu minus 196 derajat Celsius.

Namun masalahnya, kasus tersebut sangat sulit karena belum ada aturan hukum yang mengtur apakah embrio yang ditinggalkan pasangan tersebut bisa diserahkan ke ornag tua mereka.

Setelah bertahun-tahun berjuang di pengadilan, mereka akhirnya diberikan hak atas embrio. Namun masalaah tak berhenti sampai disitu, mereka tidak bisa mengambil embrio dari rumah sakit Nanjing. Mereka disimpan kecuali mereka dapat membuktikan bahwa rumah sakit lain bersedia menyimpannya.

Masalah lainya terjadi adalah karena ketidakpastian hukum seputar embrio-embrio yang belum ditransplantasikan, sulit mencari rumah sakit lain di Cina yang mau terlibat. Dan lagi meminjam rahim milik orang lain adalah ilegal di Cina.

Akhirnya mereka menemukan rahim pinjaman di Laos. Namun lagi-lagi itu tak berjalan mudah, karena tidak ada masakapai yang setuju membawa botol nitrogen cair seukuran termos. Akhirnya, mereka harus mengangkutnya dengan mobil.

Embrio itersebut kemudian ditanamkan pada rahim seorang perempuan. Saat mengandung, perempuan tersebut kemudian pergi ke Cina dengan berbekal visa turis. Pada Desember 2017, dia melahirkan seorang bayi laki-laki yang diberi nama Tiantian.

Lagi lagi masalah kembali muncul, kewarganegaraan Tiantian tidak jelas karena dia lahir dari rahim perempuan Laos.