Tim Hukum TP Ingin Pelapor Hadiri Sidang Dugaan Money Politik di Bawaslu Makassar

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24, Parepare-Kasus Dugaan politik uang 6 April lalu di kota Parepare yang sebelumnya berproses di Panwaslu kini ditangani Kepolisian setempat.

Meski begitu, belakangan diketahui pihak pelapor justru melayangkan perkara itu ke Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan. Sidang pertama dengan agenda pembacaan tuntutan Pelapor terhadap terlaporpun di gelar hari ini, Senin (16/04/2018).

Hanya saja pihak Pelapor tidak hadir dalam sidang ini dan hanya diwakili tim hukum. Sementara pihak terlapor sendiri hadir langsung bersama tim hukum.

Menurut tim hukum terlapor, Hamran Hamdani, ketidak hadiran pelapor tidak menghormati dan menghargai hukum.

“Walaupun dalam udang-undang hak memberikan keterangan bisa dilimpahkan kepada tim kuasa hukum, namun idealnya mereka menghargai laporan yang di layangkannya sendiri. Harusnya mereka hadir langsung” terang Hamran Hamdani.

Dia meminta pelapor dalam kasus itu dihadirkan langsung agar dapat menyaksikan apa pandangannya dalam menilai kasus tersebut.

“Kami ingin pelapornya hadir langsung ditengah sidang. Kita mau lihat keberanian mereka, kita ingin mendengar juga apa pandangan pelapor menyangkut kasus ini,”kata Hamran Hamdani.

Sementara itu, pihak terlapor Taufan Pawe menyayangkan pihak pelapor tidak hadir dalam sidang perdana ini.

Menurut Taufan Pawe pihaknya sangat dirugikan dengan adanya pelaporan yang dinilai syarat dengan berbagai unsur.

Taufan berharap Ketua Majelis lebih teliti dan mengoreksi secara objektif dalam menangani kasus tersebut, baik itu dari sisi alat bukti maupun tuntutan pelapor.

“Apalagi kan kasus ini sebelumnya masih berproses di Polres Parepare. Kami heran jika ini terproses di bawaslu padahal prosesnya belum selesai ditahapan hukum sebelumnya. Jadi saya harap ini bisa dicermati, secara tidak langsung merugikan kami karena menyita waktu hak Pilkada saya dalam melakukan kampanye,”ungkap Taufan Pawe.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu