Ini Kata Pihak Facebook Soal Kebocoran Data

Editor : M N Ubay

Online24, Makassar – Facebook Indonesia mulai memaparkan awal mula terjadinya pencurian data pengguna facebook di Indonesia. Hal ini disampiakan oleh Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, dihadapan komisi 1 DPR RI, Salasa (17/4/2018).

Ruben Hatari mengatakan bahwa bocronya data pengguna tersebut berasal dari 748 pengguna facebook yang menginstal aplikasi buatan Cambridge Analytica bernama ‘This Is Your Digital Life’ di platform Facebook.

Dari aplikasi tersebut, Cambridge Analytica mengambil data 748 pengguna. Tak hanya itu, Cambridge Analytica juga mengambil data dari semua daftar teman mereka sehingga jumlahnya menjadi jauh lebih banyak hingga 1 juta pengguna.

“Penting untuk saya sampaikan bahwa tidak pernah terjadi kebocoran data dari sistem Facebook. Kejadian ini bukanlah kejadian di mana pihak ketiga menembus sistem Facebook atau berhasil lolos dari perangkat pengamanan data yang kami miliki,” jelas Ruben.

Meski begitu ruben mengatakan aplikasi tersebut tidak mengambil informasi akun yang sensitif seperti password atau informasi finansial. Melainkan yang diambil oleh Cambridge Analytica adalah akses data yang mereka berikan kepada aplikasi itu, termasuk informasi teman dan data yang dipublikasikan oleh teman.