Pemerintah Masih Godog Wacana Penambahan Cuti Lebaran

Editor : M N Ubay

Online24, Makassar – Pemerintah saat ini tengah mengkaji penambahan libur lebaran. Libur Lebaran tahun ini sejatinya telah ditentukan, yakni pada 13-14 Juni 2018. Namun, Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, mengusulkan agar ada tambahan dua hari libur, yaitu pada 11-12 Juni 2018 guna mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas saat musim mudik Lebaran.

Dengan libur lebih panjang, diharapkan kepadatan pemudik bisa lebih terdistribusi. Pemudik memiliki banyak pilihan dalam menentukan keberangkatan dan kepulangan dari kampung halaman masing-masing.

Keputusan penambahan libur lebaran ini akan didasarkan hasil rapat tiga kementerian, yakni Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Agama, dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dibahwa koordinasi Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan.

Meski belum diputuskan apakah cuti lebaran hanya 4 hari atau kah 6 hari, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, mengatakan bahwa penambahan jumlah cuti bersama mempunyai dampak besar bagi peserta didik.

Menurutnya hal tersebut berimplikasi besar karena harus ada penyesuaian silabus. Artinya, jika ada penambahan hari libur, maka harus ada hari pengganti agar materi pelajaran tidak ketinggalan.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, mengatakan saat ini wacana tersebut tengah dirumuskan.

“Ini sudah diproses kebijakannya, sekarang lagi difinalkan. Segera akan kita umumkan,” ujar Asman.