Pemkab Soppeng Tanggung BPJS Masyarakat Tidak Mampu 

Editor : Aris Munandar
Logo_BPJS_Kesehatan
Logo_BPJS_Kesehatan

Online24, Soppeng – Saat ini Pemerintah Kabupaten Soppeng mwnganggarkan sebesar Rp 18,9 milyar untuk menanggung dana BPJS bagi masyarakat kurang mampu yang ada Soppeng.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Soppeng, Dipa mengatakan bahwah pemerintah akan menanggu biaya BPJS bagi masyarakat yang tidak mampu. Anggaran tersebut diambil dari anggaran APBD Kabupaten Soppeng. Dimana dalam ABPD 2018 yang berjumlah Rp1,1 triliun digunakan 23 persen untuk dana kesehatan termasuk BPJS di dalamnya.

“Aturan minimal post anggaran untuk kesehatan minimal 10% diluar gaji dan tunjangan. Jadi gaji dan tunjangan dikeluarkan dulu.  Dan Soppeng telah melewati target dengan menggunakan anggaran sebesar 23 persen dari APBD,” ungkap Dipa, Rabu (18/04/2018).

Lebih lanjut, hal tersebut katanya adalah mandat dari Bupati Soppeng yang mewajibkan seluruh masyarakat Soppeng memiliki BPJS kesehatan tanpa terkecuali.

“Sampai saat ini sudah ada 80 persen masyarakat yang sudah tercover BPJS. Kami menargetkan untuk tahun ini semoga sudah bisa mencapai 95 persen,” ujarnya.

Guna mencapai target tersebut, Pemkab Soppeng rencananya akan melakukan penambahan anggaran, dalam Anggaran perubahan atau pada APBD tahun 2019 nanti, untuk mencover BPJS 100 persen untuk warga Soppeng.