Yuk, Lihat Hujan Meteor Nanti Malam

Editor : Asri Muhammad
Ilustrasi hujan meteor (foto : liputan6.com)
Ilustrasi hujan meteor (foto : liputan6.com)

Online24, Makassar – Ada fenomena alam menarik bisa disaksikan di akhir pekan ini. Puncak hujan meteor Lyrid akan terjadi nanti malam, dan bisa disaksikan pula di langit Indonesia.

Dilansir detik.com, walaupun puncak hujan meteor Lyrid ini terjadi nanti malam, Sabtu (21/4/2018), tetapi sebetulnya fenomena langit ini sudah bisa dilihat sejak Senin (16/4) lalu. Oleh karena nanti malam adalah puncaknya, maka meteor Lyrid bisa disaksikan hingga Minggu (22/4) pagi.

“Waktunya dini hari sebelum shubuh Sabtu-Senin, 21-23 April. Amati langit Timur-Utara. Diprakirakan ada belasan meteor per jam,” kata Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaluddin seperti dikutup detik.com, Sabtu (21/4/2018).

Dilansir TIME, hujan meteor Lyrid merupakan hujan meteor tertua yang terjadi setiap tahunnya. Hujan meteor Lyrid terjadi ketika bumi bergesekan dengan komet Thatcer saat melewati orbitnya.

Serpihan komet kemudian terbang ke atmosfer dan tampak sebagai benda yang menyala dari bumi.

Meski terjadi setiap tahun, tapi fenomena ini sayang untuk dilewatkan. Apalagi hujan meteor kali ini bisa menemani malam akhir pekan Anda.