Korea Utara Hentikan Uji Coba Nuklir

Editor : Asri Muhammad
Foto pada 2015 memperlihatkan Kim Yo-jong bersama sang kakak menginspeksi perusahaan pertahanan Sin Islet. foto: AFP PHOTO / KCNA via BBC Indonesia.
Foto pada 2015 memperlihatkan Kim Yo-jong bersama sang kakak menginspeksi perusahaan pertahanan Sin Islet. foto: AFP PHOTO / KCNA via BBC Indonesia.

Online24, Makassar – Presiden Korea Utara, Kim Jong-un, resmi menghentikan uji coba nuklir dan rudal antar benua. Keputusan ini mendapatkan sambutan positif dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Dilansir Kumparan, langkah Jong-un tersebut disampaikan di depan Komite Pusat Partai Pekerja Korea jelang pertemuannya dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pekan depan.

“Tidak akan ada uji coba nuklir dan rudal jarak jauh serta antar benua, hal ini lah yang dibutuhkan Korea Utara saat ini,” sebut Jong-un, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (21/4/2018).

Tak sampai beberapa menit usai Jong-un menyampaikan putusan itu, Donald Trump lewat twitternya langsung bereaksi positif.

“Ini adalah berita baik bagi Korea Utara dan dunia, progress besar, saya sangat menantikan pertemuan dengannya di KTT mendatang,” sebut Trump.

Langkah Korea Utara ini, juga disambut gembira oleh Korea Selatan.

“Ini akan menciptakan suasana yang positif bagi kesuksesan pertemuan intra-Korea dan KTT Korea-AS,” ucap pernyataan resmi kantor Kepresidenan Korsel.

Namun, hal berbeda disampaikan pemerintah Jepang
Negara Matahari Terbit yang pernah dilewati rudal Korut ini, mengaku tidak puas dengan keputusan Jong-un.

“Dalam pernyataan tersebut Korut tidak mengucapkan mereka akan menanggalkan rudal yang mereka miliki,” ucap keterangan resmi Pemerintah Jepang.

Selama 2017 lalu, terhitung sudah enam kali Korut melakukan uji coba nuklir. Kecaman demi keceman dari negara dunia seperti AS, China, Korea Selatan dan Indonesia langsung dialamatkan ke Pyongyang.

Akibat berulang kali melakukan uji coba nuklir, Korut akhirnya dijatuhi sanksi ekonomi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Uni Eropa dan Amerika Serikat.