AJI Kerjasama Internews dan Google News Lab menggelar Half-day Basic Workshop

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Aliansi Jurnalis Independen ,(AJI) bekerjasama Internews dan Google News Lab menggelar Half-day Basic Workshop, Jum’at (20/4/2018) di Gedung Fakultas Teknologi Industri (FTI) Lantai 3 Universitas Muslim Indonesia (UMI) Kota Makassar.

Workshop dibuka oleh Qodriansyah Agam selaku Ketua AJI Kota Makassar menghadirkan dua trainer handal yaitu Okky Irmanita dari Kompas TV dan Sunarti Daun dari Radar Selatan.

Dekan Fakultas Teknologi Industri UMI Ir Zakir Sabara mengatakan dalam sambutannya menerima segala macam kegiatan AJI untuk digelar di gedung FTI, karena bersinergi agar mahasiswa menghindari hoaks.

Sunarti Sain sebagai pemateri pertama memaparkan macam – macam disinformasi & misinformasi dan berbagi tips melawan hoaks.

“Jangan langsung percaya dan share, bagi seorang jurnalis harus curiga” ucapnya.

Setelah itu, Okky Irmanita melanjutkan sebagai pemateri kedua memaparkan beberapa tools yang bisa melawan hoaks atau memverifikasi berita yang didapatkan.

Okky juga memberikan para peserta test untuk menebak sebuah gambar agar memverifikasi info gambar dengan menggunakan tools yang sudah dipaparkan.

Adapun materi lainnya yang dibawakan Okky yaitu Digital Hygiene membahas tentang tips digital Hygiene diantaranya perbarui software, strong password, aplikasi, link, antivirus, otentifikasi, back up data.

Ditambahkan juga beberapa cara menggunakan tools dari google yang ditunjukkan langsung oleh Gerik D.K agar peserta lebih mengerti.

kesempatan diberikan kepada peserta untuk mencoba tes passwordnya yang dibuat untuk akun sosmed di howsecureismypassword.net agar diketahui seberapa lama pasword sosmed akan di hack.

Peserta yang ikut serta dalam workshop tersebut berasal dari masyarakat umum, mahasiswa, blogger, akademisi, pegiat NGO, dan jurnalis.

Workshop kali ini lebih santai dengan diskusi dari beberapa peserta yang sharing pengalamannya dengan menerima berita hoaks.

Laporan: Nikita Ayu Rahmawati
Aktivis Pers Mahasiswa Universitas Sawerigading Makassar