Dinkes Pinrang Kerjasama YPN dan Unilever Laksanakan TOT Sekolah Sehat

Editor : Muh. Idris

Online24,Pinrang – Dinas Kesehatan Pinrang bekerja sama Yayasan Peduli Negeri (YPN) dan Unilever melaksanakan Training of Trainer (TOT) untuk Sekolah Sehat yang dilaksanakan di Gedung PKK, yang diikuti oleh Guru Pembina dari 217 Sekolah Dasar yang berasal dari 8 kecamatan. Selain dihadiri oleh Guru Pembina juga diikuti oleh Motivator sekolah sehat dari Puskesmas.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan drg. Dyah Puspita Dewi, M.Kes yang didampingi oleh Kabid Binkesmas Dinkes Pinrang dr. Amtsyir Muhadi, M.Adm. Kes, Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Sriwati, SKM, M.Kes, dan Yayasan Peduli Negeri yang diwakili oleh Ibrahim, S.Kep, CHCHT.

Drg. Dewi menyampaikan apresiasi kepada YPN dan Unilever yang memberikan perhatian lebih untuk Kabupaten Pinrang dengan berbagai kegiatan untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat. “Yayasan Peduli Negeri dan Unilever sukses melaksanakan kegiatan sebelumnya dan Dinas Kesehatan Pinrang meng-support event ini dan kegiatan-kegiatan selanjutnya”, jelasnya.

Lebih lanjut Kadis Kesehatan dalam materi tentang strategi pengembangan PHBS Sekolah menyampaikan manfaat ketika 8 indikator PHBS Sekolah diterapkan di sekolah, antara lain menurutnya tercipta sekolah yang bersih dan sehat sehingga peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah terlindungi dari berbagai penyakit, meningkatnya semangat proses belajar-mengajar yang berdampak pada prestasi belajar peserta didik.” Dan tentunya dapat meningkatkan citra pemerintah daerah di bidang pendidikan dan kesehatan”, jelas drg. Dewi.

Dikesempatan yang sama Kabid Binkesmas, dr. Amtsyir Muhadi, M.Adm.Kes juga memberikan materi tentang pengembangan UKS menyampaikan bahwa program pokok UKS melalui Trias UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan lingkungan yang sehat. “ Trias UKS harus diterapkan sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik serta dengan diterapkannya PHBS maka derajat kesehatan peserta didik lebih meningkat serta terciptanya lingkungan sekolah yang sehat “, jelas dr. Amtsyir

Drg. Bertha Yestiani selaku perwakilan dari PDGI Kab. Pinrang berkesampatan memberikan pemahaman kepada kepada peserta tentang cara menggosok gigi yang baik dan benar. “Pembiasaan menggosok gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur; melakukan pemeriksaan gigi rutin setiap enam bulan sekali; serta menjauhi faktor risiko yang dapat mengakibatkan kerusakan gigi”, jelasnya.

Pihak YPN dan Unilever juga memberikan paket berupa booklet dan alat demonstrasi untuk fasilitator dan motivator yang digunakan di sekolah masing-masing.(dks/*)