Tips Atasi Nyeri Haid Hari Pertama

Editor : M N Ubay

Online24, Makassar – Nyeri haid di hari pertama bisa membuat para wanita kelimpungan setengah mati. Pasalnya wanita kerap merasakan nyeri saat hari pertama. Tak jarang rasa nyeri tersebut dapat mengganggu aktivitas.

Namun bagi para wanita yang mengalami nyeri haid di hari pertama, jangan terburu-buru mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri. Ada tips ampuh dan sederhana untuk menghilangkan rasa nyeri haid.

Kompres Air Hangat

Hal yang pertama yang bisa anda lakukan sat mengalami nyeri haid di hari pertama adalah mengompres perut bagian bawah dengan menggunakan air maupun kompresan hangat. Caranya cukup dengan menyimpan air hangat di dalam botol kaca pada bagian permukaan perut yang terasa sakit Cara mengatasi nyeri haid ini adalah tehnik relaksasi untuk mengurangi rasa nyeri.

Olahraga/Gerak FisikĀ 

Saat mengalami nyeri haid wanita cenderung enggan beranjak dari tempat tidur. Namun, dengan bergerak dan berolahraga ringan, seperti jalan kaki, yoga, jongging serta bersepedah, nyatanya dapat membuat rasa sakit anda mereda. Saat badan anda bergerak atau berolahrasa, tubuh anda mengeluarkan hormon endorfin yang mana bekerja sebagai penghilang rasa sakit dan juga meningkatkan mood.

Makanan Makanan Bergizi

Hindari mengonsumsi minuman beralkohol dan juga merokok karena dapat memperparah rasa nyeri yang anda alami. Sebaiknya anda mengkonsumsi suplemen maupun makanan yang kaya akan dungan vitamin E, asam lemak omega-3, vitamin B1, vitamin B-6, kalsium, zat besi dan magnesium di duga dapat menyembuhkan kram saat menstruasi secara efektif.

Aroma Terapi

Menggosokan minyak aroma terapi (mawar, lavender, sage) ke daerah yang terasa sakit dapat meredakan pada kerut termasuk selama menstruasi secara signifikan.

Pijat

Selain mengoleskan minyak aroma terapi, memikat perut bagian bawah juga di yakini dapat menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi. Anda juga bisa berbaring sambil mengangkat kaki ke atas atau berbaring miring denga menekuk lutut sebagai cara meredam nyeri haid yang tengah anda alami.

Namun jika rasa nyeri tersebut berlanjut hingga hari berikutnya ataupun bertamabah parah anda bisa mengonsumsi obat nyeri haid alami atau memeriksakannya ke dokter.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu