Kemendagri Harap Pemda Siap Sukseskan Asian Games 2018

Editor : Andhika Bd

Online24, Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta Pemerintah Daerah (Pemda) turut menyukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018. Khususnya, bagi daerah-daerah yang telah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan event akbar tersebut.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Hadi Prabowo mengatakan, penyelenggaraan Asian Games bakal ditanggung masing-masing daerah yang menjadi tuan rumah. Masing-masing daerah memberikan dukungan melalui APBD.

“Kalau penyelenggaraan Asian Games mengandalkan APBN tidak akan bisa. Sebab alokasi dana pemerintah pusat untuk penyelenggaraan terbatas sehingga kita harus saling mensukseskan,” kata Hadi mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat menerima rombongan Indonesian Asian Games Organizing Committee (INASGOC) di Gedung Kemendagri, Jakarta, Senin (23/4/2018).

Secara teknis, jelas Hadi, daerah diharapkan menyiapkan solusi payung hukum penganggaran Asian Games. “Sebagaimana penugasan pada Kemendagri, pemerintah pusat mendorong Pemda untuk memfasilitasi penyelenggaraan Asian Games. Sebab event itu menjadi sebuah kehormatan bangsa kita,” tuturnya.

Kesuksesan penyelenggaraan Asian Games, lanjut Hadi, sesungguhnya bukan hanya untuk Jawa Barat (Jabar), DKI Jakarta, Sumatera Selatan (Sumsel), dan Banten saja. Namun, kesuksesan pelaksanaan event itu untuk seluruh daerah di Tanah Air. Oleh karena itu, Kemendagri juga meminta daerah-daerah lainnya untuk ikut menyemarakkan event tersebut, misalnya turut berpartisipasi melalui sektor kesenian, kebudayaan, dan lainnya.

Adapun upaya untuk menyukseskan Asian Games, Kemendagri pun membuat buat stiker bertema menyemarakkan penyelenggaraan Asian Games 2018 di setiap kendaran dinas pada lingkungan Kemendagri.

Tak lupa Hadi mengingatkan, Asian Games melibatkan 45 negara peserta dan disaksikan lima miliar penonton.

Dalam audiensi dengan jajaran Inasgoc ini turut hadir Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kemendagri Diah Indrajati, sejumlah Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) yang menjadi tuan rumah, serta Sekretaris Daerah (Sekda) seluruh Indonesia. (*)

[fbcomments]