Jadi Wakapolda Sulsel, Ini Profil Singkat Brigjen Pol Risyapudin Nursin

Reporter :
Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – Brigjen Pol Risyapudin Nursin telah resmi dilantik menjadi Wakapolda Sulsel yang baru di Aula SPN Batua, Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Selasa (24/4/2018).

Pria yang aktif dalam satuan polisi lalu lintas ini resmi menggantikan Brigjen Pol Mas Guntur Laupe yang mendapatkan promosi bintang dua dan diangkat dalam jabatan baru sebagai Kadivkum Polri.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, Brigjen Pol Risyapudin Nursin lahir di Jakarta tanggal 15 November 1966. Jendral bintang satu itu merupakan lulusan Akpol tahun 1989.

Ia pertama kali ditugaskan sebagai Pamapta II Polres Bengkalis Polda Kepulauan Riau. Setelah itu menjabat sebagai Kaur Bin Ops Lantas Polres Bengkalis.

Beberapa jabatan strategis yang pernah ia emban diantaranya Dirpamobvit Polda Jatim, Analis Kebijakan Bidang Dikmas Korlantas Polri, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kabag Kuhanjardikbangspes Rokurlum Lemdikpol.

Selain itu, ia juga menjabat sebagai Kabid Dikmas Korlantas Polri. Terakhir pria berumur 51 tahun itu menjabat Dirregident Korlantas Polri sebelum akhirnya dipromosikan sebagai Wakapolda Sulsel berdasarkan surat telegram Kapolri Nomor ST/964/IV/KEP/2018 tertanggal (8/4/2018).

Sementara itu, Brigjen Pol Risyapudin saat dimintai keterangan usai upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) mengaku akan meneruskan tugas-tugas yang telah diprogramkan di tahun 2018.

“Saya baru pertama kali ini dinas di Sulawesi Selatan selaku Wakapolda, yang mana tugas-tugas yang akan kita kerjakan nanti kita tetap meneruskan apa yang telah kita programkan di tahun 2018,” ungkapnya.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa tugasnya sebagai Wakapolda akan melakukan pembinaan ke internal Polda Sulsel dan memelihara kemampuan personel untuk profesionalisme menuju ke arah modern dan terpercaya.

“Nah ini yang akan kita coba sehingga polisi-polisi bisa lebih dekat dengan masyarakat dan hasilnya nanti bisa dipercaya oleh seluruh masyarakat Sulawesi Selatan,” tandasnya.