Begini Tanggapan Mendagri Soal Fotonya yang Viral

Editor : Endhy

Online24, Jakarta – Beredar foto di dunia saat Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sedang menyalami seorang pemain drumband di sebuah lapangan. Foto itu jadi viral, karena nampak hiasan topi berupa bulu-bulu yang dikenakan pemain drumband itu menyundul wajah Tjahjo.

Tjahjo sendiri menanggapi santai fotonya yang viral di dunia maya. Bahkan, ia tertawa. Kata Tjahjo, peristiwa di foto itu terjadi saat dirinya menghadiri Hari Ulang Tahun Provinsi Kalimantan Utara ke 5 di Tanjung Selor. Ketika itu, usai acara ia menyempatkan diri menyalami peserta kegiatan. Salah satu yang disalami adalah para pemain drumband.

“Ini kan saya menyalami seluruh peserta upacara. Nah ini ada kelompok adik-adik SMA yang pakai topi. Kalau salaman dia ingin cium tangan saya, dia enggak sempat lepas topinya,” kata Tjahjo sambil tertawa.

Tjahjo juga tak menyangka jika fotonya jadi viral. Ia sendiri menganggap itu peristiwa biasa saja. Ia tak marah. Justru merasa lucu saja.

“Ya tidak ada masalah. Ketawa saja. Saya tepuk-tepuk (pundaknya),” katanya.

Menteri Tjahjo sendiri memang punya kebiasaan menyalami orang. Seperti saat menghadiri HUT Kabupaten Humbang Hasundutan, di tengah terik matahari, seusai acara, ia turun ke lapangan menyalami peserta acara. Padahal, ada ratusan orang. Tapi satu persatu ia salami.

Begitu juga ketika ia jadi inspektur upacara di Desa Long Nawang, Kalimantan Utara. Kala  upacara selesai, ia langsung pergi menyalami peserta upacara satu persatu yang menyambutnya dengan senang. Yang disalami, tak percaya akan disalami seorang menteri. Sebab biasanya, begitu acara selesai, menteri yang datang akan langsung pergi.