Kopertis dan APTISI, Bagian yang Tak Terpisahkan Dalam Peran Mencerdaskan Anak Bangsa

Editor : Endhy

Online24, Makassar – Kopertis dan APTISI merupakan dua lembaga yang menjadi bagian integral yang tidak dapat dipisahkan dalam peran mencerdaskan anak bangsa.

Hal ini disampaikan langsung oleh Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin, M.Si, sesaat sebelum memimpin rapat Hardiknas 2018 di kantor Kopertis IX Sulawesi, Rabu (26/4/2018).

Dalam rapat turut hadir, Ketua Panitia Hardiknas 2018 Kopertis IX, Rektor UMI Makassar, Prof Dr.Masrurah Moktar, M.Hum, Ketua APTISI Wilayah IX-A Sulawesi, dan Prof Dr. Ma’ruf Hafidz, SH,MH.

“Kopertis, Aptisi, ADI dan lembaga lainnya setiap saat harus bergandengan tangan bersama setiap saat meningkatkan kualitas sumber daya manusia lewat pendidikan tinggi,” tegas Jasruddin.

Secara nasional diantara 30 PTS bermasalah, 11 di antaranya adalah di Kopertis Wilayah IX Sulawesi.

“Kenyataan ini secara bersama jangan dibiarkan berlarut karena itu mempengaruhi kinerja Kopertsi IX,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Ketua APTISI Wilayah IX-A, Ma’ruf Hafidz, menegaskan kepemimpinan Koordinator Kopertis IX Prof Jasruddin, merupakan era baru relasi Kopertis dan Aptisi.

“Di awal kepemimpinan Prof Jasruddin, dia tegaskan Aptisi jangan datang membawa masalah tetapi harus membawa solusi dan jalan keluar persoalan di PTS,” ujar Ma’ruf Hafidz.

Soal PTS bermasalah, ketua APTISI ini sudah menekankan, kampus yang sudah sekarat pihak yayasan ikhlaskan untuk membubarkannya.