Beberapa Kebiasaan Ini Berdampak Negatif Bagi Tubuh

Editor : M N Ubay
Sumber internet
Sumber internet

 

Online24, Makassar – Beberapa kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita. Sialnya kebiasaan tersebut sering bersentuhan dengan kita. Yuk, intip kebiasaan apa saja yang berbahaya bagi tubuh kita.

1.Duduk dalam waktu lama

Terkadang karena pekerjaan, kita diharuskan duduk di kursi selama berjam-jam. Padahal menurut penelitian duduk di kursi selama berjam-jam berbahaya bagi kesehatan.

Menurut sebuah penelitian di tahun 2015, wanita yang duduk lebih dari 6 jam dalam sehari memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara, kanker ovarium dan multiple myeloma (bentuk kanker darah), dibandingkan dengan wanita yang duduk kurang dari 3 jam dalam satu hari.

Hasil tersebut tidak terlihat pada pria, kecuali mereka yang memiliki masalah obesitas. Pria dengan masalah obesitas yang menghabiskan lebih banyak waktu pada posisi duduk juga memiliki risiko kanker yang tinggi.

Olahraga bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi efek negatif yang ditimbulkan akibat terlalu lama berada dalam posisi duduk. Luangkan waktu sejenak untuk menggerakkan badan agar menghilangkan beberapa risiko kesehatan dari duduk pada jangka waktu yang lama.

2. Menggunakan smartphone.

Sudah bukan jadi kebiasaan yang aneh jika manusia jaman sekarang tak bisa berjauhan dengan ponsel pintar mereka. Padahal menghabiskan waktu lebih banyak dengan smartphone bisa mengakibatkan dapat negatif bagi tubuh kita.

Sebuah studi di tahun 2016 mengungkapkan bahwa kebanyakan orang dewasa menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan smartphone sebelum tidur. Akibatnya mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur dan kualitas tidur yang didapatkan juga tidak baik.

Palaran sinar biru pada layar ponsel bisa menekan produksi hormon melatonin otak, sehingga sulit untuk mengantuk.

Smartphone juga dapat mempengaruhi otak remaja dengan cara lain, yaitu memproduksi terlalu banyak asam gamma-aminobutyric neurotransmitter (GABA), sebuah area dalam otak yang mengendalikan emosi, sehingga menyebabkan candu bagi para remaja akibat ketidakseimbangan kimia pada otaknya.

3. Terlalu Lama Bermain Media Sosial

Sebuah penelitian mengungkapkan, orang dewasa yang menghabiskan waktu lebih dari 2 jam sehari di situs media sosial populer, seperti Facebook, Instagram dan Twitter, akan merasa terisolasi secara sosial.

Yang dimaksud isolasi sosial adalah Anda akan merasa bukan bagian dari lingkup masyarakat dan tidak memiliki keterampilan untuk bersosialisasi

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu