Letak Foto Appi -Cicu di Kertas Suara Akan Ditentukan Lewat Undian Saat Rapat Pleno

Editor : M N Ubay
Sulaiman Syamsuddin
Sulaiman Syamsuddin

Online24, Makassar – Peraturan KPU (PKPU) baru saja menerbitkan undang undang menyusul pengalaman sengketa administrasi Pilkada yang telah terjadi di Makassar. Aturan tersebut tertuang dalam UU PKPU no 13 tahun 2018.

Salah seorang Pengacra di Makassar, yakni Sulaiman Syamsuddin, berpendapat bahwa dalam aturan UU tersebut pasangan yang memenuhi syarat untuk ikut Pilkada dalam hal ini di Makasar adalah Munafri Arifuddin – Rachmatika Dewi harus lebih dulu mengikuti undian tata letak foto di kertas suara.

Ia mengatakan KPU tak serta merta menempelkan.kertas putih pada pasangan nomor urut 2.

“Jadi bukan serta merta apa yang telah disiapkan selama ini oleh KPU. Yaitu tinggal menempel kertas putih di foto pasangan nomor urut 2. Bukan. Ini baru saja disahkan aturannya” ujar prkatisi muda tersebut.

Jadi menurutnya, nanti melalui undian tersebut akan diundi apakah pasangan yang memenuhi syarat tersebut di sebelah kiri atau kanan? Bukan lagi nomor urut seperti apa yang terlihat selama ini.

“Jadi tetap ada dua kolom yang satu pasangan appi-cicu dan kolom kedua tidak bergambar atau kosong” jelasnya.

Menurut Sulaiman aturan ini baru saja diterbitkan oleh PKPU dan memang sesuai dengan apa yang terjadi di Pilwalkot Makassar. Sehingga menurutnya KPU telah memiliki landasan hukum untuk mengatur secara teknis pasca MA menguatkan putusan PTTUN tentang Pilwalkot Makassar yang harus hanya diikuti oleh satu pasangan saja.

Berikut bunyi PKPU No. 13/2018 pasal 3 “Pasangan calon wajib hadir dalam rapat pleno sebagaimana dimaksud pada ayat dua (2) untuk melakukan pengambilan undian tata letak posisi foto pasangan calon dalam surat suara dan dalam daftar pasangan calon”

Sebelumnya MA menolak kasasi KPU atas putusan PTTUN yang memerintahkan KPU Makassar mendiskualifikasi pasangan Ramdhan Pomanto – Indira Mulyasari sebagai pasangan calon walikota Makassar 2018-2023. Pasangan dengan taghline DIAmi tersebut digugat oleh tim hukum pasangan Munafri Arifuddin – Rachmatika Dewi.