Tanggapan Trump dan Putin Atas Pertemuan Bersejarah Korut-Korsel

Editor : Aris Munandar
Pemimpin Korut Kim Jong-Un bertemu Presiden Korsel (Foto: Korea Summit Press Pool/Pool via Reuters)
Pemimpin Korut Kim Jong-Un bertemu Presiden Korsel (Foto: Korea Summit Press Pool/Pool via Reuters)

Online24, Seoul – Para pemimpin dunia menyambut pertemuan bersejarah antara pemimpin Korut Kim Jong-Un dan Presiden Korsel Moon Jae-In sebagai satu langkah maju menuju perdamaian. Tak terkecuali Amerika Serikat dan Rusia, dua negara di belakang mereka.

Presiden Amerikat Donald Trump pun mengomentari pertemuan tersebut. “Setelah setahun peluncuran rudal dan uji coba nuklir, pertemuan bersejarah antara Korut dan Korsel terjadi,” kata Trump dalam cuitan di akun Twitter-nya. “Hal-hal baik sedang terjadi, namun hanya waktu yang akan menentukan,” tulisnya lagi.

Dalam cuitan berikutnya, Trump menuliskan: “Perang Korea akan berakhir! Amerika Serikat, dan seluruh rakyatnya yang hebat, harus sangat bangga akan apa yang sedang terjadi di Korea.”

Presiden Rusia Vladimir Putin juga menyambut baik. “Ini berita yang sangat positif,” ujar Dmitry Peskov, juru bicara Putin kepada para wartawan. “Hari ini kita melihat bahwa dialog langsung ini telah terjadi dan itu memiliki prospek tertentu,” tuturnya.

Pemimpin Korut Kim Jong-Un dan Presiden Korsel Moon Jae-In mencapai sejumlah kesepakatan penting usai pembicaraan yang digelar di desa gencatan senjata Panmunjom, di Zona Demiliterisasi, Jumat (27/4/2018) kemarin. Salah satunya, kedua pemimpin setuju untuk mengupayakan perdamaian permanen antara kedua Korea dan mewujudkan wilayah semenanjung Korea yang bebas dari senjata nuklir.