“Apel” Khas di “Kampung Apang” Sidrap Kian Diminati

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Sidrap-Apel merupakan jenis buah yang lezat dan biasanya dihasilkan di daerah yang memiliki kondisi geografis tertentu sperti di daert Batu Malang Jawa Timur, Namun “Apel” ternyata juga banyak dijumpai dikabupaten sidrap, Sulawesi Selata, bahkan kini penjual “Apel” ini jumlahnya kian banyak saja. Namun anda jangan salah mengira, Jenis “Apel” ini bukanlah buah, namun jenis kue tradisional khas Bugis yakni Apang, kue Apang ini akan terasa lebih nikmat jika kuenya masih hangat, tak heran agar tetap menjaga hangatnya kue pedagang menjualnya dalam ke adaan Panas, Panas dalam bahasa Bugis berarti Pella, Sehingga kue ini dikenal dengan sebutan Apang Pella atau lebih nyaman disingkat dengan “Apel”.

untuk mencarai kue khas Apang Pella ini tidaklah sulit, karena berada di jalan trans sulawesi atau jalan jendrr Sudirman, Lawowoi kecamatan Watang Pulu, kabupaten Sidrap. di tempat itu berjejer puluhan penjual lue khas tradisional Apang ini. pembeli apang ini tak hanya warga labupaten sidrap saja, namun juga dari berbagai daerah utamanya bagi pengguna jalan yang melintas, baik dari Palopo, Tator, Enrekang, makassar, Parepare dan Pinrang.

Awalnya penjual apang pella ini hanya satu dua orang saja, namun se iring banyaknya permintaan dan juga bisnisnyay ang cukup menjanjikan, kini lokasi tersebut layaknya kampung Apang lantaran kini mulai banyak penjual. Seperti Ibu Ira misalnya, ia sudah sejak tiga bulan menjual Apang Pella bahkan ia mempekerjakan dua orang keluarganya untuk membantunya.

“Alhamdulillah laris, Perhari biasa habis 7 timba, masing-masing timba isinya kurang lebih 20 liter, Kalau perbijinya kurang tau tapi mungkin sampai ribuan,”Ujar Ira, Saat ditemui di lapak dagangannya, Sabtu (28/04’2018).

harga perbiji apang pella di bandrol dengan Rp.1000 Rupiah. ” kalau ke untungan kurang lebih Rp.1000000 juta atau lebih,”Tandasnya.

selain apang juga dijual tape singkong, harga tape singkong tersebut di jual Rp.5000 Perpaketnya.