Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi Bawakan Kuliah Umum di PPs Unismuh Makassar

Editor : Endhy

Online24, Makassar – Berkunjung ke Program Pascasarjana Unismuh Makassar, Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr. Jasruddin, M.Si memberikan kuliah umum secara langsung kepada 250 civitas akademika, Senin (30/4/2018).

Jasruddin membawakan kuliah umum dengan mengusung tema ‘Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0’ yang damping oleh Asisten Direktur II PPs-UNM, Dr. Muhlis Madani, M.Si.

Dihadapan para dosen ini,  Jasruddin mengambarkan dari empat negara di Asia Tenggara, Indonesia terbawah dalam hal pengembangan pendidikan.  Indonesia kalah dari Singapura yang menempati rangking 3, disusul Malaysia peringkat ke-23 serta Thailand diposisi 32. Sementara Indonesia berada pada rangking ke-36.

“Mengapa Indonesia di bawah Thailand, karena kita lemah dalam Higher Education and Training, Science and Technologi Readness, Novation and Buseness Sophistication,”  ungkap mantan Direktur PPs-UNM ini.

Ia menambahkan, disisi lain Indonesia juga masih rendah dalam hal, daya kompetensi, produktivitas, kreativitas, kepercayaan diri dan daya juang.

“SDM unggul hanya dapat dicapai melalui proses  pendidikan yang terencana dan terukur. SDM unggul memiliki kemampuan dan keberanian untuk melakukan perubahan,” tegas Jasruddin.

“Tetapi tidak semua perubahan akan membawa perbaikan, tetapi tanpa perubahan tidak akan pernah perbaikan,” tutupnya.

Turut hadir dalam kuliah umum, Wakil Rektor I Unismuh Makassar, Dr. Ir. H Rahim Nanda, MT, Wakil Rektor II,  Dr. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum, serta Direktur PPs-Unismuh Makassar, Prof Dr H M Ide Said, M.Pd.