Cegah Penularan HIV Dinkes Kota Palopo Gelar Pelatihan Konselor

Editor : M N Ubay
sumber foto ; Hamka_Diskominfo Palopo
sumber foto ; Hamka_Diskominfo Palopo

Online24, Makassar – Dinas Kesehatan kota Palopo menggelar pelatihan bagi konselor HIV/AIDS. Pelatihan yang diikuti oleh 40 peserta ini dilakukan untukmencegah penyebaran dan penularan penyakit mematikan HIV/ AIDS di Kota Palopo.

Kegiatan yang akan berlangsung hingga sampai dengan tanggal 04 Mei 2018 tersebut secara resmi dibuka oleh Pj Sekda Palopo Jamaluddin Nuhung, senin ( 30/4/2018).

Dalam sambutanya, Jamaluddin Nuhung mengajak para konselor untuk mensosialisasikan regulasi terkait penanganan penyakit HIV/AIDS dengan harapan semua pihak dapat tergerak melakukan gerakan pencegahan penularan penyakit mematikan tersebut.

“Kalau semua bergerak, tentunya akan sangat membantu optimalisasi tugas dan tanggung jawab para konselor “ ujarnya.

Menurut ketua panitia pelaksana Juwita Talisman, kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai upaya memaksimalkan pendampingan dan pelayanan bagi klien/pasien. Baik dari kelompok risiko tinggi maupun kelompok rentan dan masyarakat umum yang memerlukan layanan CVT terapi ARV sekaligus sebagai upaya untuk pengurangan penularan HIV-AIDS di Kota Palopo. Selain itu, pelatihan konselor itu juga diharapkan mampu mengembangkan kemampuan dan keterampilan tenaga kesehatan dalam pelaksanaan prinsip konseling terpadu dalam penanggulangan HIV-AIDS ditingkat layanan baik di Rumah Sakit, Puskemas dan klinik swasta.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Palopo, DR Ishaq Iskandar menyampaikan bahwa pelatihan konselor sangat penting mengingat masih adanya stigma negativ dikalangan masyarakat terkait penyakit HIV/AIDS.

“ Penderita penyakit HIV-AIDS membutuhkan penanganan yang serius ,” ujarnya.

Tak lupa ia juga mengingatkan masyarakat khususnya orang tua untuk mengawasi gerak gerik dan pergaulan anak-anak yang rentan dengan pergaulan bebas termasuk mengontrol kebiasaan anak-anak main games yang rentan dengan konten-konten yang tidak seharusnya muncul dan sangat mudah diakses.