Robert Pertanyakan Jadwal Piala Indonesia yang Berakhir Januari 2019

Editor : Andhika BD
Pelatih PSM Robert Rene Alberts

Online24, Makassar – Piala Indonesia 2018 segera digulirkan. Rencananya, PSSI selaku induk organisasi sepakbola Tanah Air akan melangsungkan kompetisi ini hingga bulan Januari 2019.

PSSI merencanakan hanya akan ada satu hingga dua pertandingan tiap bulannya. Dimana satu tim maksimal akan memainkan 11 laga jika lolos hingga ke final.

Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts merasa ada hal ganjil dari jadwal tersebut. Seharusnya kata dia, semua kompetisi sudah selesai sebelum Desember 2018.

“Oh, Piala Indonesia sampai bulan Januari. Pertanyaan saya kalau selesai sampai Januari padahal musim sudah selesai, kita tidak dapat waktu libur,” katanya saat ditanya soal jadwal Piala Indonesia berakhir sampai bulan Januari 2019, Jumat (4/5/2018).

“Setiap hari ada kejutan di sini,” timpalnya sambil tertawa kecil.

Seharusnya kata dia, jadwal Piala Indonesia mengadopsi kompetisi di benua Eropa. Dimana Liga 1 dilangsungkan diakhir pekan, sementara Piala Indonesia pada tengah pekan.

“Normalnya jika seperti di Eropa, kita main di liga di akhir pekan, sementara Piala Indonesia tengah pekan. Bulan Desember kita harusnya sudah libur,” paparnya.

“Tapi kita lihat saja rencananya mereka (PSSI). Kita belum bisa berkomentar banyak karena info resminya belum ada,” tambahnya.

Tidak hanya itu, keputusan PSSI tak memberikan tiket Piala AFC kepada juara Piala Indonesia juga membuatnya heran. Padahal menurutnya, kompetisi yang diikuti tim dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 akan jadi menarik jika hal itu diberlakukan.

“Hanya saja kalau benar seperti itu belum selesai pada Desember, itu mungkin penyebabnya kenapa juaranya tidak dapat tiket Piala AFC. Karena Desember sudah harus ada klub yang ditentukan jadi wakil ke Piala AFC,” tandas Robert.