MIWF 2018 Mengangkat Relevansi Kondisi Indonesia

Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – Makassar International Writers Festival (MIWF) 2018 yang di gelar di Banteng Fort Rotterdam menampilkan berbagai pesta budaya.

“Kegiatan hari ini, mulai dari pembacaan puisi, lapak baca, pentas budaya, perkusi, tarian dan teater akan ditampilkan.” kata Weny, Humas MIWF, Jumat (4/5/2018).

Menurut Weny kegiatan ini sebagai upaya untuk lebih mencintai buku, menambah minat baca masyarakat, budaya dan seni di tanah air Indonesia.

Kegiatan MIWF 2018 ini merupakan kegiatan yang ke delapan kalinya digelar. Dan untuk tahun ini dimulai dari tanggal 2 – 5 Mei 2018, bukan hanya di Benteng Rotterdam melainkan di sejumlah kampus serta lokasi lainnya di Makassar.

Tema utama Voice/Noise, MIWF tahun ini mengedepankan sejumlah topik penting yang relevan dengan kondisi saat ini, baik di Makassar, Indonesia maupun dalam konteks global: 20 tahun Reformasi Indonesia, Pilkada Serentak 2018 dan persiapan menuju Pilpres 2019 yang membuat masyarakat kembali menyaksikan kegaduhan politik dan banjir informasi dan berita terkait pemilihan umum.

Serta tumbuhnya kerjasama-kerjasama antar-komunitas di dunia untuk merespons berbagai fenomena kemasyarakatan dan semakin maraknya kolaborasi sastra dan kebudayaan lintas-negara yang digerakkan secara mandiri oleh warga global.