Tiga Manfaat Minum Kopi Secara Rutin

Editor : M N Ubay
Sumber gambar : istimewa
Sumber gambar : istimewa

Online24, Makassar – Kopi sangat populer di berbagai negara. Kopi identik dengan minuman untuk mengawali hari. Kopi juga dianggap sebagai minuman yang mampu memberikan inspirasi. Saking populernya, Kopi mempunyai banyak jenis dan olahan.

Tetapi tahukan anda meminum kopi dua sampai tiga gelas sehari mempunyai dampak positif bagi tubuh kita.

Dilansir dari kaman Web kesehatan, sebuah penelitian sepanjang 13 tahun dan melibatkan lebih dari 400 ribu orang yang dilakukan oleh National Cancer Institute dan diterbitkan di ‘New England Journal of Medicine’, menyimpulkan bahwa peminum setia kopi memiliki resiko kematian dini 16 persen lebih kecil.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan, dengan catatan anda membatasi penggunaan kream dan gula.

1. Kopi dapat meningkatan memori

Kopi dapat membantu meningkatkan memori, baik itu memori jangka panjang maupun pendek. Dalam sebuah studi tahun 2005 yang dipresentasikan pada Radiological Society of North America, para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi.

Yang lebih menarik lagi, sebuah penelitian di tahun 2007 menemukan bahwa wanita berusia 65 atau lebih yang rutin minum 3 gelas kopi atau lebih dalam sehari memiliki performa lebih baik dalam tes memori dan kurang mungkin untuk menunjukkan penurunan memori dibanding mereka yang minum hanya satu cangkir sehari.

2. Kopi meningkatkan metabolisme tubuh

Kopi dapat membantu mempertahankan atau bahkan menurunkan-berat badan. Sebuah studi lama di tahun 1980 menemukan bahwa kafein yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolisme tubuh, dan itu hanya pada orang “normal,” sedangkan pada orang yang mengalami obesitas, mereka mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

3.Kopi dapat mencegah depresi

Menurut laporan 2011 dalam “Archives of Internal Medicine” perempuan yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki resiko 15 persen lebih kecil untuk mengalami depresi, dan mereka yang minum empat cangkir memiliki resiko 20 persen lebih rendah.