Executive Leadership Intensive Training (ELIT) Dosen yayasan Pendidikan Fajar ujung pandang

Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – Yayasan pendidikan fajar melaksanakan Executive Leadership Intensive Training bagi Dosen, pelatihan ini diikuti oleh 3 Perguruan Tinggi dibawah naungan yayasan Fajar Ujung Pandang yaitu STIM Nitro Makassar, Universitas Fajar , dan Politeknik NSC Surabaya. Pelatihan dibuka oleh ketua Dewan Pengawas H.Syamsu Nur yang didampingi oleh ketua yayasan Dr.Ridwan Arief, dan bbrp petinggi dari yayasan Pendidikan Fajar.

Pelatihan ini dilaksanakan pada tgl 4-7 Mej 2018 di Cottage Masagena Malino Kab Gowa. Pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk melatih para Dosen agar dalam mengelolah organisasi bisa lebih Profesional, dan melalui pelatihan ini dapat memberikan referensi bagi yayasan terkait dengan kompetensi yang dimiliki Dosen dan penempatan Dosen dalam setiap struktur jabatan dalam organisasi.

Prof.Marsuki.DEA (Ketua STIM Nitro) membawakan materi tentang “Kemampuan yang harus dimiliki seorang Pemimpin” menjelaskan bahwa ada tiga yang perlu dimiliki seorang Pemimpin adalah Kemampuan Pribadi, Kemampuan Kepemimpinan dan Kemampuan berorganisasi. Ada dua yang perlu dicapai seorang pemimpin, yaitu Rencana Strategis dan Kepemimpinan yang berorientasi pada hasil. Sementara utu Dr.Ridwan Arief (Ketua yayasan Pendidikan Fajar) membawakan mateti tentang “Collaborate and Inclusiveness” dalam materinya disampaikan bahwa bagaiman dalam tim sebuah organisasi dapat saling berkolaborasi, karena dengan Kolaborasi maka organisasi dapat mencapai tujuan secara bersama-sama. Dalam Organisasi harus ada Group Development melalui Forming (Formulasi), Storming (konflik dalam group), Norming (menyelesaikan masalah dalam Group), Performing dan Adjourning. Peserta sangat tertarik dengan kedua materi yang disampaikan oleh kedua Pemateri.

Pelatihan ini, selain menerima materi dalam ruangan, peserta juga diwajibkan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Steering Commitee, baik tugas individu maupun tugas kelompok, dipagu hari peserta juga diwajibkan melaksanakan olahraga bersama, dan yang paling penting adalah dalam pelatihan ini akan diisi dengan game Outbond yang telah disiapkan oleh panitia.

Pengirim
Rosnaini Daga
Dosen STIM Nitro Makssar