Pesan WhatsApp Terdapat Bulatan Hitam, Bahaya Atau Tidak?

Reporter :
Editor : M N Ubay

Online24, Makassar – Baru-baru ini beredar pesan di aplikasi WhatsApp yang berisi, “Ketika kamu menyentuh tanda hitam itu, maka whatsapp mu akan eror.” Apakah kamu pernah menerimanya? Atau justru tidak tahu sama sekali?

Dalam pesan yang beredar itu, ada bulatan hitam. Jika disentuh, efeknya bisa membuat ponsel restart sendiri atau memunculkan gangguan di aplikasi.

Pesan yang berbunyi, “Ketika kamu menyentuh,” pastinya membuat pengguna aplikasi ini semakin penasaran, meski hanya sebagian orang. Sehingga akhirnya, pengguna harus menjadi korban. “Tapi apa sebenarnya emoji bulatan itu?” Hal ini tentu menjadi pertanyaan bagi kita.

Seperti yang dilansir dari difesaesicurezza.com, pakar keamanan siber (cybersecurity experts) mengungkapkan bahwa fenomena ini cuma bentuk candaan saja (social joke), bukan virus atau malware yang dapat membuat rusak sistem. Hanya saja memang sebaiknya kita tidak menyentuh emoji bulatan hitam tersebut.

Meski mungkin kita akan penasaran untuk mencobanya, lebih baik pilih amannya saja. Sebaiknya hapus saja pesan tersebut dan jangan disebarkan ke orang lain.

Di balik pesan emoji bulatan hitam ini, sebenarnya tersembunyi ribuan karakter. Jadi ketika disentuh, aplikasi akan mendapat banyak beban dan akhirnya mengalami gangguan.

Coba bayangkan, jika sesuatu mendadak kelebihan muatan, biasanya akan oleng atau jatuh. Hingga efeknya bisa membuat ponsel jadi restart sendiri atau aplikasi jadi error sesaat.

Untuk saat ini, para teknisi masih akan menindaklanjuti bulatan hitam ini lebih dalam lagi. Karena dikhawatirkan candaan ini malah akan menghadirkan ancaman atau masalah yang lebih serius.