Khawatir Joko Susilo Dipecat, Pelatih PSM Mengalah Lawan Arema FC?

Editor : Aris Munandar
Pelatih PSM Robert Rene Alberts
Pelatih PSM Robert Rene Alberts

Online24, Makassar – Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts dilema untuk mengalahkan Arema FC pada pekan kedelapan Liga 1. Nasib sang pelatih Singo Edan, Joko Susilo yang berada di ujung tanduk jadi alasan Robert.

Arema di tangan Joko Susilo baru meraih satu kemenangan hingga pekan ketujuh. Kemenangan itu terjadi pada pekan keenam saat menjamu pemuncak klasemen Persipura Jayapura.

Dari 7 laga yang sudah dilalu, Dendi Santoso dkk hanya mampu meraup lima poin hasil satu kemenangan, dua kali imbang dan empat kali kalah. Alhasil, Arema FC kini menduduki dasar klasemen.

Rumor pemecatan Joko Susilo pun kian berhembus kencang. Jika tak menang menjamu PSM, jabatan kursi kepelatihan pelatih 47 tahun itu bakal melayang. Apalagi Arema FC akan main di kandang sendiri, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (13/5/2018) nanti.

Pada pekan keempat Liga 1, Aremania bahkan berbuat ricuh dengan merangsek masuk lapangan saat menjamu Persib Bandung. Hal itu dikarenakan mereka kecewa dengan performa tim kesayangannya.

Terkait kemungkinan kericuhan ini kembali terulang, Robert mengaku tak khawatir. Namun, ia lebih memikirkan nasib Joko Susilo ke depan. Ia dilema jika mengalahkan Arema FC, pelatih lokal itu bakal dipecat.

“Saya tidak memikirkan soal kericuhan suporter. Hal yang tidak ingin saya lihat adalah Joko Susilo kehilangan pekerjaannya,” kata Robert usai latihan di Stadion Andi Mattalatta, Rabu (9/5/2018).

Robert memprediksikan Arema akan main mati-matian saat menjamu timnya. Meski sedang terpuruk, ia tetap menilai tim yang pernah dibawanya jadi juara Liga Super Indonesia musim 2009/2010 itu adalah tim kuat.

“Mereka sedang terluka, mereka pasti akan mempertahankan diri. Apalagi mereka berhasil memberikan kekalahan perdana bagi pemuncak klasemen Persipura. Ini menunjukkan mereka tim kuat,” katanya.

Namun demikian, Robert akan mengesampingkan nasib Joko Susilo. Dirinya tetap akan menginstruksikan timnya bermain profesional dan membawa pulang tiga poin dari Malang.

“Tapi tetap kita ingin bawa pulang tiga poin,” tegas pelatih asal Belanda ini.