Berbeda, Konten Ini yang Banyak Ditonton Warga Kota dan Desa di Youtube

Editor : Aris Munandar
Youtube (foto: int/Youtube)
Youtube (foto: int/Youtube)

Online24, Makassar – Akses internet kini telah merambah ke seluruh pelosok Tanah Air. Salah satu hal yang digemari adalah menonton video Youtube. Google Indonesia mengungkapkan, penikmat Youtube bukan hanya berasal dari warga perkotaan.

Dalam survei yang dilakukan Google Indonesia dengan Kantar pada Januari 2018 lalu, diketahui bahwa penonton YouTube di kota-kota kecil atau daerah (rural) juga banyak.

Hanya saja, jenis konten yang dikonsumsi berbeda. Menurut Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia, penonton YouTube di kawasan luar kota besar (rural), lebih banyak mengonsumsi video-video entertainment dan sepakbola.

“Dari sisi konten, pengguna di rural area lebih straightforward, mereka relaksasi dengan hiburan gosip, apa pun channel-nya yang ditonton gosip dan sepakbola,” kata Vero dilansir Kompas.com, Kamis (10/5/2018).

Sementara penonton YouTube di wilayah perkotaan atau urban area, lebih banyak mengonsumsi video-video lebih bervariasi, seperti musik, komedi, travel, dan lifestyle. Mereka juga menggunakan untuk edukasi, seperti menonton video-video tutorial.

“Ini karena mereka lebih dahulu mengeksplor dibanding penonton di rural, di mana WiFi tidak tersedia banyak, dan konsumsi video masih mengandalkan koneksi 3G dan 4G,” tandasnya.